Home » » Kapan Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 12

Kapan Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 12

Assalamualaikum wr. wb.

Prakerja adalah salah satu program bantuan pemerintah untuk membantu masyarakat yang tidak bekerja khususnya, agar mengembangkan diri dengan melalui pelatihan yang telah disediakan dan ditunjuk melalui payung hukum pemerintah itu sendiri. 

Diharapkan setelah melakukan pelatihan dan meningkatkan keahlian pemegang kartu prakerja dapat mencari pekerjaan sesuai bidang yang telah dikuasainya, dan dapat kompetitif bersaing didalam dunia kerja. Info tambahan juga, bahwasanya untuk biaya pelatihan yang dilakukan oleh pemegang kartu prakerja sendiri pada dasarnya telah di subsidi oleh pemerintah dengan budget nominal Rp. 1.000.000,- dan setelah mendapatkan sertifikat pada pelatihan pertama, maka pemegang kartu prakerja berhak mendapatkan uang saku tiap bulanya sebesar Rp. 600.000,- hingga bulan ke 4.

Lalu setelah bulan ke 4 bagaimana ?

Setelah bulan ke 4 pemegang kartu prakerja tidak lagi mendapatkan uang saku melainkan uang hasil survei hingga 3 gelombang, yang masing-masing setelah melakukan survei maka, pemegang kartu prakerja mendapatkan Rp. 50.000,-

Jika ditotal maka pemegang kartu prakerja mendapatkan bantuan sebesar  ;

Rp. 1.000.000,- (Untuk Pelatihan)

Rp. 600.000,- x 4  = 2.400.000,- (Uang Saku)

Rp. 50.000,- x 3 = 150.000,- (Uang Hasil Survei)

= Rp. 3.550.000,- 

Namun seiring berjalanya waktu, tepat kurang lebih setahun yang lalu dunia dilanda bencana yang dinamakan virus corona, sehingga kartu prakerja mengalami pembaruan peraturan dan menjadi kartu semi bantuan sosial. Tetapi tetap tidak melenceng dari prinsip fungsinya.

Prioritas saat itu adalah mereka yang PHK karena virus korona dan belum mendapatkan pekerjaan kembali lantaran sulitnya mendapatkan kerja di masa pandemi, sehingga pemerintah melakukan berbagai cara agar bisa meringankan beban masyarakatnya yang terkena imbas PHK.

Jadi, pada dasarnya kartu prakerja sendiri bukanlah bantuan sosial secara murni, melainkan tetap pada fungsinya, yaitu untuk meningkatkan sumber daya manusia agar mudah bersaing dalam mencari pekerjaan setelah mengikuti pelatihan yang diminatinya.

Namun memang karena kondisi saat ini sehingga kartu prakerja berubah menjadi semi bantuan sosial. 

Kartu prakerja sendiri hingga saat ini telah mencapai gelombang 12 setelah setahun yang lalu ditutup pada gelombang 11. Dan diketahui kartu prakerja yang telah dikeluarkan pemerintah pada penutupan gelombang 11 mencapai ± 5,4-5,6jt orang.

Pada tahun 2020 diketahui mulai dari gelombang 4-10 berjalan, kuota penerimaan pada masing-masing gelombang nya yaitu 800.000 NIK (Jiwa). Belum saya dapatkan informasi berapa jumlah kuota untuk gelombang 12 saat ini, hanya jika berkaca pada pengalaman, dan bila target pemerintah sama dengan tahun lalu yaitu 5,6jt orang, besar kemungkinan kuota penerimaan setiap gelombang sama dengan tahun 2020, yaitu 800.000 orang.

Namun untuk saat ini dibawah dashboard prakerja tertulis catatan berwarna biru bahwasanya, hanya 2 NIK dalam 1 kartu keluarga yang bisa menjadi penerima kartu prakerja, artinya, jika dalam 1 kartu keluarga 2 NIK telah mendapatkan kartu prakerja baik itu Suami dan istri, atau Suami dan Anak, maka dalam satu KK tersebut tidak akan bisa lagi mengajukan pendaftaran kartu prakerja baru.

Berikut picture tersebut ;

Prakerja Gelombang 12 Jawa Barat

Lalu kembali kita ketopik kapan sebenarnya pengumuman hasil dari kartu prakerja gelombang 12 ?

Berdasarkan pengalaman yang saya ketahui, jika pendaftaran terakhir dilakukan tanggal 26 Februari 2021 maka pengumuman lolos atau tidaknya kartu prakerja, diperkirakan 2-4 hari sudah muncul keputusan melalui dashboard prakerja sobat sekalian, tandanya bagaimana ?, tandanya yaitu ketika sobat log-in maka akan muncul pop up notifikasi masukan rekening.

Ingat jika belum ada keputusan akhir dari pihak Kartu prakerja sendiri, sobat sekalian jangan berkecil hati apabila mendapatkan notifikasi, kamu belum berhasil. Karena walaupun hasil dari kartu prakerja update setelah 2-4 hari setelah penutupan pendaftaran, terkadang keputusan akhir berbeda, bisa saja saat sobat sekalian mengecek hari ke 4 belum berhasil, dan setelah besoknya malah menjadi lolos.

Ini kadang terjadi pada gelombang-gelombang sebelumnya. Entah kenapa, tetapi jika melihat pada dashboard kartu prakerja yang sekarang, sepertinya hal itu telah di atasi lantaran, tampilan kartu prakerja sekarang lebih minim bugs, tetapi kita lihat saja nanti.

Informasi penguat juga, hasil dari kartu prakerja sejatinya SMS notifikasi bahwa anda lolos menerima kartu prakerja, namun sebelum muncul notifikasi SMS, dashboard prakerja lebih dulu update hasil lolos kartu prakerja, sehingga saya katakan 2-4 hari perkiraan hasilnya keluar melalui dashboard bukan SMS, kalau hasil akhir yaitu SMS, biasanya setelah seminggu dari penutupan pendaftaran.

Sering-sering saja mengecek dashboard prakerja masing-masing. Oh ya jika kalian telah lolos, kemudain telah memasukan rekening dan telah menyelesaikan pelatihan maka tampilan dashboard kalian akan seperti berikut, muncul tambahan opsi ditengah bawah "insentif".

Prakerja gelombang 12

Tips lolos prakerja bang ?

Tidak ada cara khusus bagaimana cara cepat lolos kartu prakerja, intinya pada setiap anda mendaftar pastinya dilakukan pendataan data diri, melakukan tes, dan anda mengikuti gelombang yang telah tersedia, setelah itu menunggu hasil evaluasi.

Tidak ada yang tahu selain pihak kartu prakerja bagaimana mekanisme evaluasi tersebut. Standar poin apa sajakah, titik poin tertingginya apa.


Jadi untuk tips lolos kartu prakerja itu hoax, jujur saja dalam mengisi semua yang harus di isi, dan kerjakan lah kuis dengan sebaik mungkin, setelah itu tunggu keputusan dari pihak kartu prakerja.

Saya katakan tidak ada tips, hanya ini saran saja, untuk cepat lolos kartu prakerja banyak berdoa saja, jikapun belum berhasil anda coba lagi pada gelombang berikutnya, jika memang gagal terus, saya doakan sobat sekalian mendapatkan pekerjaan pada saat berjalanya gelombang, dan sebelum ditutupnya gelombang kartu prakerja. Artinya semoga sebelum tutup tahun 2021 sobat sekalian mendapatkan pekerjaan yang baik. Aamiiin 🙏 sampai jumpa dilain postingan.....


© If you want to copy Article, please provide the source

0 comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru