Home » » Cara Cek Ada/Tidak Chip E-KTP Tanpa Di Rusak

Cara Cek Ada/Tidak Chip E-KTP Tanpa Di Rusak

Assalamualaikum wr. wb

Berita viral tahun 2021, yaitu ramainya masyarakat yang mengecek chip e-KTP dengan cara membuka pelindung chip (blangkon) e-KTP menggunakan berbagai macam benda, diantaranya menggunakan pisau, menggunakan kawat dan sebagainya, pada dasarnya kita semua tahu, bahwa KTP elektronik memang pasti memiliki chip didalamnya, yang berfungsi ;

Fungsi Chip e-KTP

Chip adalah integrated circuit (IC), merupakan bagian kecil dan tipis, dari silikon tempat transistor penyusun mikro prosesor ditanamkan.

Chip yang tertanam pada e-KTP merupakan chip berbasis mikroprosesor yang memiliki data penyimpanan ± 8KB, dan hanya difungsikan untuk menyimpan data diri pengguna, atau dengan kata lain, layaknya disk penyimpanan, disana terdapat data diri, foto, sidik jari, dll, yang berhubungan dengan data diri pengguna, sesuai data yang telah direkam saat pembuatan e-KTP.

Kenapa Saat Ini Viral ?

Jika memang hanya demikian fungsinya harusnya kita tidak usah penasaran, karena memang sudah sewajarnya KTP elektronik memiliki Chip sebagai data penyimpanan.

Bahkan jauh-jauh hari, sebelum e-KTP rilis, kita sudah mendengar desas desus bahwasanya kelak KTP akan berganti menjadi e-KTP dan memiliki chip sendiri untuk data penyimpananya.

Pasti demikian kan ?

Jawabanya simple saja, kita hidup di jaman teknologi internet sedang maju pesat, itu tidak terkecuali dengan para pengembang aplikasi media sosial, layaknya Facebook, Twitter, Instagram, dan tiktok.

Kenapa saya tekankan tiktok diatas, karena bermula dari seorang akun tiktok yang membuktikan bahwa e-KTP tidak hanya sebuah desas desus belaka, bahwa e-KTP memilki chip, maka tidak butuh waktu lama, rasa penasaran akan pembuktian itupun ramai dibicirakan dan bahkan dipraktekan oleh publik. Bahkan sampai masuk berita nasional di beberapa media televisi.

Pendapat saya kenapa bisa viral, adalah karena berkat kaum influencer tanah air kita cukup hebat dalam menggemakan apapun itu, jangankan pembuktian yang nyata, bahkan yang hoaxpun terkadang bisa viral kalau sudah di gemakan oleh kaum influencer tanah air, yang mana menurut saya bakat tersebut cukuplah tidak mudah.

Bisa mempengaruhi orang lain di dunia maya itu bukanlah hal yang mudah, kita harus kemas semua itu dengan menarik dan logis, serta menimbulkan efek ingin mencoba hal serupa ^_^ vissssss ✌️

Berikut penampakan chip didalam e-KTP...
Sumber ; tiktok

Chip e-KTP

Cara ini tidak disarankan untuk siapapun ya geng, karena jika kalian melakukanya maka e-KTP kalian akan rusak dan harus membuat baru lagi, kalau tidak memakan waktu, kita tahu sendiri pembuatan e-KTP itu tidak sebentar.

Cara Mengecek Chip e-KTP Tanpa Merusaknya

Cara ini mungkin kalian sudah pikirkan, tetapi disini saya hanya share saja barangkali bermanfaat, let's go to the point.

1. Cari senter (senter Smartphone juga Boleh)
Fungsinya untuk media penerangan
2. Letakan e-KTP kalian tepat dibawah gambar foto data diri.
And enjoy it.....

Chip e-KTP

Itu ktp admin sendiri ya gengs, haha
Cukup seperti itu saja ya, karena mengurangi resiko pembuatan baru e-KTP. Yang penting kita sudah pastikan KTP kita ada chip nya. 

Intinya saya berharap postingan ini bisa memberikan menfaat seperti, agar kalian mengurungkan yang hendak membuktikan dengan cara yang tidak baik, dan merusak ktp kalian, mending kalian buktikan dengan cara yang lebih safe atau aman, jangan karena viral, nanti ketika kita membutuhkan e-KTP untuk keperluan seperti ada panggilan kerja dan lain-lain malah menyusahkan lagi. ✌️😀
Sampai jumpa dilain postingan, keep stay tune, terima kasih..

© If you want to copy Article, please provide the source

0 comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru