Home » » Langkah 2 Belajar Bahasa Jepang

Langkah 2 Belajar Bahasa Jepang

Kemarin saya telah membuat postingan mengenai Langkah 1 Belajar Bahasa Jepang silahkan menuju link tersebut bagi minna san, yang belum membaca langkah awal. Karena disini akan saya uji menggunakan huruf Hiragana dan Katakana.
Kenapa demikian ?

Pertama belajar bahasa itu membutuhkan tekad, keinginan, dan perjuangan, saya sudah katakan sebelumnya, minna san tidak dituntut membayar dalam mengikuti setiap artikel yang saya buat, minna san cukup berjuang untuk terus berusaha belajar.

Saya ingin memberikan konten berkualitas, dimana saya berharap konten belajar bahasa jepang ini mudah, praktis, dan bermanfaat bagi minna san, perusahaan jepang di indonesia sangat banyak sekali, alangkah baiknya apabila minna san mempelajari walaupun sedikit saja bahasa mereka. Selain untuk pengembangan diri juga bisa minna san gunakan saat traveling ke negara tersebut.

Kembali ketopik, setelah langkah 1 belajar bahasa jepang, dimana anda harus/wajib menguasai huruf hiragana atau katakana, langkah ke 2 adalah menghafal kotoba.

Kotoba itu apa sih min ?

Dalam bahasa jepang istilah kotoba diartikan Kosa kata.
Jadi modal awal untuk bisa berbicara bahasa jepang adalah perbendaharaan kata, semua bahasa, memiliki kosa kata masing-masing, sehingga wajib minna san hafalkan.

Dimana saya dapat kosa kata min ?
Good question ^_^ ....

Dikarenakan admin terikat oleh lembaga tertentu, sehingga admin wajib menjaga kode etik lembaga itu.
Admin tidak bisa memberikan semua apa yang telah diberikan oleh lembaga, kepada khalayak umum.

Terus bagaimana min ?

Okeh, posisi baiknya, kita hidup di zaman modern, dimana internet menjadi sebuah terobosan besar dalam menunjang ilmu pengetahuan, sehingga minna san bisa memanfaatkan teknologi untuk mencari ilmu baru secara mandiri.

Minna san buka Play Store, Cari aplikasi berikut Minna No Nihongo 1, kemudian install ;

Minna no nihonggo 1

Setelah install buka aplikasinya, akan muncul tampilan berikut dibawah ;

Minna no nihonggo 1

Setiap hari usahakan minimal minna san hafal 1 level pelajaran kotoba, contoh level 1 ;

Minna no nihonggo level 1

Semua kosa kata yang ada pada setiap level, usahakan minna san hafalkan dengan fasih. Ingat ... 1 hari usahakan minimal hafal 1 level pelajaran kotoba, bukan 1 kotoba ^_^ .

Setiap level pelajaran kosa kata, jumlah isinya berbeda-beda, ada 40an, ada 50an kosa kata, sementara totalnya ada 25 bab.
Jika kita pukul rata, 25 x 35 saja misal, berarti ketika hafal kotoba 25 bab = 875 kosa kata minna san sudah kuasai.

Banyak bukan ?

Lalu ? Nah, selanjutnya hari ini pada langkah ke 2 belajar bahasa jepang, setelah minna san hafal kotoba pelajaran 1, kita bongkar cara penggunaanya, percuma jika hafal tidak digunakan, iya kan.. hehe

Dari kosa kata pelajaran 1 tedapat kosa kata わたし、あなた、あのひと、せんせい dll...

Sekarang bagaimana penggunaanya apakah seperti bahasa indonesia ?
Contoh :

わたしせんせいです。 X (Salah)
Saya adalah guru.

Sama halnya seperti bahasa inggris, bahasa jepang memiliki partikel, seperti contoh pada bahasa inggris (is, it, in, dll..)

Lalu bagaimana ini min ?

Okeh selanjutnya perhatikan pola berikut ;

1. わたし せんせい です。
(Watashi wa sensei desu).
Saya adalah guru.

Tulisan yang saya beri warna merah tidak dibaca ha, tapi wa, kenapa min ?
Karena statusnya menjadi partikel bukan menjadi sebuah kosa kata.

Alasanya min ?
Dah dari sononya ^_^

Terus cara bedainya gimana min ?
Cara bedainya liat kosa katanya, walaupun mirip sekalipun kalau hafal kosa kata tidak mungkin tertukar dengan partikel.

Kok bisa ?
Contoh :
はは は せんせい です。
(Haha wa sensei desu).
Ibu saya adalah guru.

Kosa kata hanya ada haha, tidak ada hahaha 🤣 dengan kata lain, ha yang ketiga pasti dibaca wa, seperti itu kira-kira minna san.

Terus kalau ibu saya bukan guru gimana, ibu saya karyawan pabrik min ?
Okeh masuk pola berikutnya yah.

2. はは は せんせい じゃありません。
(Haha wa sensei ja arimasen).
Ibu saya bukan guru.

Contoh lain :
わたし は せんせい じゃありません。
(Watashi wa sensei ja arimasen).
Saya bukan guru.

Seperti itu minna san, lalu min kalau saya mau tanya gimana, misal apakah admin guru ?
Okeh kita lanjut pola berikutnya.

3. あなた は せんせいです
(Anata wa sensei desuka).
Apakah anda seorang guru ?

Jawaban (iya) :
はい、わたし は せんせい です。
(Hai, watashi wa sensei desu.                 
Ya, saya seorang guru.

Jawaban (bukan) :
いいえ、わたし は せんせい じゃありません。
(Iie, watashi wa sensei ja arimasen).
Bukan, saya bukan seorang guru.

Note :
Kalimat tanya menggunakan か
Adapun kalimat です digunakan untuk memperlihatkan rasa hormat kepada lawan biacara. Ataupun menjadikan sebuah kata benda agar menjadi predikat.

Tapi min, kalau misalkan pas menanyakan seseorang ternyata, pekerjaan atau hal yang kita tanyakan itu sama, gimana ya buat pernyataan balik nya ?
Okey, lanjut pola berikutnya.

4. わたし せんせい です。
(Watashi mo sensei desu).
Saya juga seorang guru.

Contoh lain :
あなた も せんせい ですか。
(Anata mo sensei desuka).
Apakah anda juga seorang guru ?

Ko bukan wa min tapi mo ?
Karena mo bisa diartikan sebagai "juga" sehingga partikel wa berubah kedudukanya menjadi mo.

Oh jadi partikel bisa berubah ya min ?
Bisa tergantung minna san ingin membuat kalimat seperti apa.

Terus gini min, misal kalau saya mau buat kalimat begini "ibu saya adalah seorang guru" itu bagaimana ?
Bisa, kita masuk pola berikutnya.

5. わたし はは は せんせい です。
   (Watashi no haha wa sensei desu).
   Ibu saya adalah seorang guru.

Nah loh baru lagi tuh, kok ada no min ?
Partikel no sebagai penghubung kata benda agar menjadi satu, tetapi dalam penggunaanya anda harus perhatikan dimana anda ingin meletakanya.

Maksudnya min ?

Contoh seperti tadi ;

Ibu saya
はは の わたし X (salah)
わたし の はは ✓ (betul)

Guru saya
せんせい の わたし X (salah)
わたし の せんせい ✓ (betul)

Oh, paham min, maksudnya harus dibalik ya, bahasa indonesianya dibalik ke bahasa jepang, begitu min ?
Yups betul minna ^_^

Terus kalau no itu bisa lebih dari satu gak min ?
Tentu bisa, kedepanya kalau kalian sudah hafal banyak kosa kata bisa kok, contohnya gini ya misal....

Didalam tas saya ada uang
わたし かばん なか に おかね が あります。
(Watashi no kaban no naka ni okane ga arimasu)

Perhatikan yang saya beri warna, jangan dulu lihat yang tidak saya kasih warna karena pola tersebut untuk bab yang sudah agak jauh sedikit. Disini saya hanya ingin menunjukan bahwa partikel no bisa digunakan lebih dari sekali, tergantung anda ingin membuat kalimat seperti apa.

Ok min paham ^_^

Yakin ?

Catatan : penyebutan anata pada dasarnya sopan, tetapi apabila minna san sekalian sudah mengetahui namanya, harap gunakan namanya untuk menggantikan kata pengganti orang.

Contoh min ?
Misal anda belum kenal dengan si A
Anda boleh menggunakan anata.

あなた は せんせい ですか。 Oke です。✓

Ketika sudah tahu namanya, misal namanya "Sora"

あなた は せんせい ですか。 X (Tidak Baik) わるい

そらさん は せんせい ですか。 ✓ Oke です。

Kalo くん、ちゃん boleh min ?
Perhatikan bedanya pada kosa kata pelajaran 1, sehingga nanti minna san tidak salah dalam menggunakanya.

Okeh, Langkah 2 belajar Bahasa Jepang Ini tidak hanya pengetahuan admin semata, melainkan adminpun melihat referensi dari YouTube yang pernah admin tonton sebelumnya, dan memang admin telah mendalami juga, sehingga admin jelaskan berdasarkan pengalaman, yang sama sekali tidak menkopi paste konten, ataupun pelanggaran ketentuan lainya dari TOS.

Jika minna san penasaran, silahkan cari dengan queri, "Belajar BAB 1 minna no nihongo 1", maka akan muncul banyak Content creator disana, yang memberikan pelajaran sama halnya dengan yang admin jelaskan, cuma mungkin memiliki metode yang berbeda-beda.

© If you want to copy Article, please provide the source

0 comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru