Home » » Langkah 1 Pertama Belajar Bahasa Jepang

Langkah 1 Pertama Belajar Bahasa Jepang

Kali ini inteku blogger akan berbagi ilmu dari pengalaman admin mempelajari bahasa jepang, ternyata bagi minna san yang pemula sekali dan baru akan belajar bahasa jepang, mungkin minna san akan bertanya-tanya, sebaiknya memulainya dari mana ? .. iya kan ?
Jika iya minna san berada di artikel yang bisa dibilang tepat. Tabun ne ^_^

Okeh, sebelum kita masuk ke materi, mari saya akan perkenalkan terlebih dahulu beberapa faktor besar dalam menguasai bahasa jepang.
1. Tulisan / Huruf Bahasa Jepang
2. Kotoba
3. Pola Kalimat

Tulisan / Huruf Bahasa Jepang

Berbeda dengan negara kita, hurufnya hanya ada 1, dan cara menulis kemudian membacanyapun 1, yaitu abjad A-Z, dan mungkin dibelahan dunia mayoritas menggunakanya, karena huruf ini lebih populer di dunia, bisa disebut juga sebagai huruf latin, walaupun secara mekanisme pengunaanya berbeda-beda.

Negara Jepang menggunakan 3 huruf berbeda, apasajakah itu ?

1. Hiragana 
Hiragana adalah huruf asli dari jepang, sebelumnya hiragana hanya digunakan oleh wanita, kemudian lambat laun, kini hiragana menjadi tulisan nasional dan digunakan oleh laki-laki maupun wanita yang belum bisa menguasai kanji.

Artinya, bagi yang sudah menguasai kanji mungkin jarang menggunakan hiragana, tetapi walaupun demikian hiragana masih digunakan diberbagai tempat, kenapa ?

Karena ada beberapa kosa kata bahasa jepang, masih menggunakan hiragana. Sekalipun harus disandingkan dengan kanji, seperti contoh かります (wakarimasu) dll.

Maka dari itu, langkah pertama yang sebaiknya minna san kuasai dalam belajar bahasa jepang adalah menguasai huruf hiragana.

Mana hurufnya min ?

Berikut adalah huruf hiragana, ingat..!!! dalam menguasai bahasa asing tidak hanya sekedar ingin menguasainya saja, melainkan minna san harus berkorban dalam menghafalnya juga, itulah yang memudahkan sebagian besar orang dapat menguasai bahasa asing, bukan masalah sulit atau mudahnya suatu bahasa dikuasai, melainkan keinginan serta perjuangan yang dilakukan seseorang lah yang membuat mereka sukses menguasai bahasa asing.
Kore wa hiragana no shoukaishimasu.
(Ini, saya akan memperkenalkan huruf hiragana)

あ = A     か = Ka     さ = Sa
い = I      き = Ki      し = Shi
う = U     く = Ku     す = Su
え = E     け = Ke      せ = Se
お = O    こ = Ko      そ = So

Sisanya saya akan fotokan hasil penulisan pertama saya saat menghafalkan huruf hiragana, kalian coba juga untuk menulisnya beberapa kali, setidaknya ada beberapa huruf yang akan menempel, kemudian seringlah menggunakanya...

Huruf Hiragana

Saya mengerti tulisan saya jelek •_•' ya sudah saya kasih yang lebih jelasnya...


Huruf Hiragana

Setelah anda menguasai dengan fasih huruf-huruf hiragana langkah kedua anda harus menguasai huruf lainya, kali ini saya akan perkenalkan huruf katakana.

2. Tulisan / Huruf Katakana

Huruf negara jepang yang kedua adalah huruf katakana, huruf ini digunakan untuk menyerap kosakata asing ataupun nama-nama asing yang sebelumnya tidak pernah ada dijepang. Maksudnya gimana ?

Jadi begini minna san, dijaman yang penuh dengan informasi ini maka pengaruh luar negeri terutama barat, tentu saja mempengaruhi suatu kecenderungan untuk menyerap hal-hal tersebut, bahkan indonesia sendiri sering menyerap bahasa asing kedalam bahasa indonesia, tidak terlepas negara jepang, dan mungkin di hampir setiap negara.

Contoh :
Soccer [サッカー] maka ketika diserap tidak bisa menggunakan huruf hiragana, "kenapa min ?.."
Karena huruf hiragana hanya dikhususkan untuk bahasa jepang murni, sehingga pemerintah jepang membuat sebuah huruf / tulisan baru, guna membedakan mana bahasa murni dan mana bahasa asing, mana orang jepang asli mana orang asing, bahkan jika anda memiliki nama jepang tetapi bukan orang jepang, maka hurufnya harus menggunakan katakana.

Lalu hurufnya seperi apa min ?
Lihat baik-baik, tidak seperti huruf hiragana yang setiap hurufnya cukup jelas berbeda, huruf katakana kalau untuk orang yang pertama kali mengenal, akan sedikit sulit membedakan, terutama huruf So [ソ] vs N [ン] Shi [シ] Vs Tsu [ツ]。

Perhatikan baik-baik jangan sampai salah baca, jika kalian menulisnya maka garis yang ditarik sebenarnya berbeda arah, minna san bisa coba praktekan, caranya untuk huruf "So" buat garis panjang dari atas kebawah, kemudian garis pendek dari atas kebawah, lalu untuk huruf "N" buatlah garis panjang dari bawah keatas, kemudian untuk garis pendeknya, buatlah dari atas kebawah. Jika kurang jelas anda bisa lihat diberbagai tutorial YouTube untuk memudahkan.

Berikut hurufnya :

ア = A     カ = Ka     サ = Sa
イ = I      キ = Ki      シ = Shi
ウ = U     ク = Ku     ス = Su
エ = E     ケ = Ke     セ = Se
オ = O    こ = Ko     ソ = So

Sisanya seperti biasa, untuk lebih jelasnya saya akan sematkan gambar.


Huruf Katakana

Apakah hanya itu, dikarenakan huruf katakana adalah huruf untuk menyerap bahasa asing, sehingga dalam perkembanya masih ada beberapa bunyi baru seperti dibawah ini...

Huruf katakana

Mari kita coba menulis untuk menghafalnya, dan ini adalah cara pada waktu pertama saya menghafalkanya ...

Huruf katakana

Berapa lama saya menguasai huruf hiragana dan katakana ?
Pengalaman saya, saya menguasainya 1 hari setengah, jika minna lebih serius lagi, mungkin 1 hari sudah bisa menguasainya.

Lanjut kepada huruf yang terkahir, yaitu huruf paling sulit dalam bahasa jepang, namanya adalah 漢字  [かんじ] (Kanji).

3. Tulisan / Huruf Kanji

Huruf kanji adalah huruf paling sulit yang bisa saya kuasai, hingga postingan ini dibuatpun, saya baru beberapa menghafal huruf kanji, mungkin bisa dhitung berapa kanji yang saya hafal/kuasai.

Kemudian ada berapa huruf kanji ?
Jika anda menanyakan total jumlahnya, saya pernah membaca, disalah satu artikel pelajaran bahasa jepang, kanji memiliki lebih dari 50.000 kanji, waaaaaaw, tetapi pemerintah jepang sendiri memiliki standar jumlah kanji yang harus dipelajari, yaitu sekitar 2.000 kanji.

Seperti apa sih huruf kanji ?

月 tsuki (bulan) 
日 hi (hari)
火 ka (api)
水 sui (air)
土 tsuchi (tanah)
前 mae (depan)
後ろ ushiro (belakang)
馬 uma (kuda)
お金 okane (uang)

Dan lainya, lalu apakah yang baru pertama kali belajar bahasa jeoang sebaiknya mempelajari kanji ?

Menurut saya tidak baik anda belajar kanji untuk pertama kali belajar bahasa jepang, anda harus mengenal beberapa kotoba (kosakata) nya terlebih dahulu, walaupun hanya beberapa, agar mudah dalam menyerap maksud dari kanji itu sendiri, selain dari kotoba, anda juga harus belajar terlebih dahulu mengenai bunpou (pola kalimat).

Karena tanpa pola kalimat yang benar maka bahasa jepang anda akan sulit dipahami orang lain.

Seperti contoh, saya akan buat kalimat ini :

(Didepan saya ada kuda)
前に私が居る馬です
[まえにわたしがいるうまです]
(Maeni watashi ga iru uma desu)

Jika anda membuat pola kalimat seperti yang dicoret diatas, minna san akan ditertawakan karena mereka mungkin harus berpikir terlebih dahulu sebelum mencernanya.

Lalu bagaimana pola kalimatnya, jika dalam bahasa indonesia kita mengenal SPOK (Subjek Predikat Objek Keterangan).
Maka dijepang keadaanya berbeda, yaitu SKOP (Subjek Keterangan Objek Predikat).

Jadi kalau mau membuat kalimat :
(Didepan saya ada kuda)
私の前に馬が居ます。 "Tulisan Kanji"
[わたしのまえにうまがいます]. "Tulisan Hiragana"
(Watashi no maeni wa uma ga imasu). "Tulisan Romaji" 

Partikel wa diatas sengaja saya berikan untuk memberikan penekanan sebagai subjek, agar lebih memudahkan. Tetapi jika minna san ingin menghilangkan partikel wa diatas, itu juga oke desu.

Sehingga kesimpulannya, untuk mempelajari kanji minna san harus pelajari kosakata dan pola kalimat terlebih dahulu, setelah beberapa pola kalimat minna san kuasai, maka sekalian untuk menambah kotoba hafalkanlah kanji.

Untuk minna san yang baru mau belajar bahasa jepang pelajarilah terlebih dahulu hiragana & katakana.
Karena akan sangat berguna ketika hendak menghafalkan kotoba, banyak buku hafalan kotoba, bahkan kamus jepang jepang yang beredar dipasaran menggunakan huruf hiragana & katakana.

Bahkan minna san sekalian bisa membuat pola kalimat menggunakan hiragana terlebih dahulu, sebelum benar-benar hafal dengan kanji. 
Tahap selanjutnya akan saya bahas mengenai kotoba dan pola kalimat, arigatou gozaimasu ^_^

© If you want to copy Article, please provide the source

2 comments:

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru