Home » » Cara Verifikasi Domain Webmaster Tools 2020

Cara Verifikasi Domain Webmaster Tools 2020

Webmaster tools atau sekarang lebih dikenal google search console adalah beberapa fitur SEO (Search Engine Optimization) untuk para mastah bloger ataupun para mastah website untuk mendapatkan persaingan konten dalam pencarian Google Search Engine.

Oleh karenanya sebagai blogger pemula saya ingin memberikan beberapa tips kepada rekan-rekan senasib bagaimana sih caranya mengelola search console versi baru ini.
Mode webmaster tools klasik saat ini sudah tidak dapat diakses kembali, kendati demikian Search Console versi terbaru mendukung Mobile Friendly 100%. Jadi anda akan dimudahkan dengan aksesibilatas dalam mengelola properti website ataupun blog yang anda miliki.

Pada tanggal 16 mei 2020 ini url blog saya bermigrasi dari https://inteku.blogspot.com menjadi https://www.inteku.info sehingga saya harus menyetel semua elemen keseluruhan didalam blog, baik dari template hingga mengatur ulang webmaster tools. Sampai dengan menautkan kembali google analytic.

Baiklah tanpa basa-basi lagi langsung saja mari kita bahas.

Alasan saya memuat history migrasi url adalah untuk tujuan menginformasikan bahwa topik yang akan saya bahas mengenai custom domain, karena untuk domain blogspot anda tidak perlu untuk verifikasi domain. Jadi untuk anda yang baru saja migrasi dari domain hosted menjadi self domain atau custom domain, selain verifikasi kepemilikan situs, anda juga lebih baiknya memverifikasi domain anda pada search console, contoh verifikasi Search Console yang kompleks.

Verifikasi Domain Search Console 2020

Verifikasi melalui Tag HTML, Google Analytic, Penyedia Nama Domain.

Yang akan saya bahas disini adalah cara verifikasi Penyedia Nama Domain, karena saya anggap anda sudah paham verifikasi metode lainya contoh by tag html dan lain-lain.

Kebetulan saya menggunakan hosting Niagahoster.
Nah untuk verifikasinya sendiri cukup mudah anda login search console kemudian pilih pengaturan.

Search Console

Setelah itu kemudian anda pilih verifikasi kepemilikan, lihat gambar dibawah.

Verifikasi kepemilikan search console

Lalu pilihlah verifikasi Domain, akan ada tampilan pop-up berikut....

Txt domain search console
(Gambar Nomor 4) pilih salin, kemudian alihkan ke jendela atau tab lainya dan masuk atau login lah ke situs hosting anda, disini saya menggunakan hosting Niagahoster. Jangan dulu tekan verifikasi dan jangan juga menutup jendela tersebut, cukup menambah tab atau jendela baru terlebih dahulu, jika anda tidak tahu apa itu tab mari saya contohkan dengan gambar.

Tab google chrome

Tab google chrome

Okeh, setelah anda menambahkan tab baru dan login di situs Niagahoster anda masuk DNS Management seperti biasa.

Setting txt domain niagahoster
Dalam DNS Management gulir kebawah hingga menemukan Ads New Record lalu klik.

Setting txt domain niagahoster
Muncul pop up baru klik sesuai tanda panah.

Setting txt domain niagahoster
Pilihlah metode TXT Record.

Setting txt domain niagahoster
Name isi dengan @ kemudian Text data isi dengan hasil dari salinan kode yang ada di search console pada gambar no. 4 diatas, ttl ganti dengan 86400, Save Record.
Setting txt domain niagahoster
Jangan lupa Syncronize terlebih dahulu.


Setting txt domain niagahoster
Setelah ada hasil seperti ini, barulah anda kembali ke gambar nomor 4 dan lakukan verifikasi. Selesai

Selain untuk SEO, mendaftarkan alamat web atau blog pada webmaster tools juga banyak kelebihanya, yaitu untuk percepatan pengindeksan artikel yang telah dibuat. Juga untuk memudahkan mengontrol/mengecek statistik kunjungan di Analytic google.

Sehingga untuk mendaftarkan ulang blog atau web yang baru migrasi menggunakan custom domain adalah hal yang wajib anda lakukan.
Terima kasih telah berkunjung, see you next post.

© If you want to copy Article, please provide the source

0 comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru