Home » » Atasi Copy File Too Large Flashdisk 2020

Atasi Copy File Too Large Flashdisk 2020

Untuk saat ini jenis file sangat beragam mulai dari file jpg, MP4, Iso, dan masih banyak lagi. Kemudian saat ini ukuran-ukuran file tersebut sangatlah besar, bahkan ada yang lebih dari 4GB.
Untuk itu kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika saya hendak mencopy file Windows 10 64 bit, ukuran atau Sizenya sekitar ± 5GB.

Flashdisk memiliki beberapa format diantaranya :
1. FAT32 (Reguler)
2. NTFS
3. UEFI
4. MBR

Dari semua format diatas hanya FAT32 yang dibatasi menerima file.
Batasan format FAT32 adalah 4GB lebih dari 4GB maka akan ada notifikasi Format Too Large. Contoh pada gambar dibawah ini.

File Too Large
Sumber Gambar : https://rh-comp.blogspot.com

Padahal anda yakin bahwa Flashdisk yang anda gunakan masih memiliki Space/ruang untuk ukuran file tersebut.
Contoh anda memiliki Flashdisk dengan kapasitas 64GB, kemudian file yang sudah digunakan 17GB. Lalu anda akan copy paste file 6GB secara logika harusnya bisa masuk, tapi muncul notifikasi File Too Large.

Kok Bisa ?

Bisa dipastikan file anda memiliki format FAT32.
Memang format bawaan pabrik sudah disetting seperti demikian, karena format tersebut Compatible untuk perangkat PC/Laptop ataupun Smartphone dengan menggunakan OTG.

Agar mengatasi masalah tersebut anda harus memformat ulang Flashdisk yang digunakan ke format lain seperti NTFS.
Kelebihan Format NTFS untuk Flashdisk, tidak ada batasan menerima file, kekuranganya format tersebut, tidak akan terdeteksi untuk smartphone saat ini, jikapun ingin dibaca oleh smartphone maka harus dengan metode tambahan seperti menggunakan aplikasi Pihak ketiga contoh menggunakan total commander dan eXfat/NTFS for USB.

Ada 2 cara untuk mengubah format Flashdisk dari FAT32 menjadi NTFS.

1. Dengan cara format seperti biasa. Lihat Gambar....

Format Flashdisk
Sumber Gambar : https://rh-comp.blogspot.com

Format Flashdisk
Sumber Gambar : https://rh-comp.blogspot.com

Kekuranganya yang sangat fatal adalah file yang digunakan akan terhapus. Cara ini tidak direkomendasikan kecuali jika anda sudah backup semua data yang terdapat di Flashdisk. Jika tidak jangan lakukan cara ini, kecuali anda menginginkanya.

2. Cara Format Flashdisk FAT32 Ke NTFS Tanpa Kehilangan Data Lama.

Cara ini saya rekomendasikan untuk anda agar data yang sudah ada pada Flashdisk tidak ikut terhapus ketika kita memformat ulang Flashdisk.

Langkah pertama buka Command Prompt (CMD.exe) open as Administrator. Ketik perintah Convert F: /fs:NTFS kemudian tekan enter dan tunggu proses hingga conversion complete.

Catatan penting ;
F yang berwarna merah adalah directory target, artinya berbeda-beda kode, mungkin di komputer anda terbaca G atau mungkin H, perhatikan hal tersebut, karena salah-salah anda memformat Hardisk Internal.

Format FAT32 to NTFS Without Lose Data

Selesai anda bisa cek di Properties Flashdisk apakah format sudah berubah.
Lihat gambar dibawah ini.

Format FAT32 to NTFS Without Lose the Data

Jika sudah menjadi format NTFS anda sudah bisa untuk mencopy atau memindahkan file-file besar yang lebih dari 4GB ke Flashdisk anda. Dan anda sudah tidak akan menemukan lagi notifikasi File Too Large. Hanya anda tidak bisa lagi gunakan Flashdisk untuk OTG ke Smartphone.
Bisa anda gunakan dengan syarat, gunakan aplikasi pihak ketiga yang support untuk format NTFS, seperti yang saya katakan diawal-awal postingan.

Format FAT32 to NTFS Without Lose the Data

Hasilnya, saya sudah bisa paste file windows 10 64 bit dengan ukuran lebih dari 5GB dan tidak terjadi masalah File Too Large kembali. Dan saya tidak kehilangan Data file lama saya yang sudah ada pada Flashdisk tersebut.

Semoga postingan ini bermanfaat dan membantu rekan-rekan sekalian, jangan lupa support channel YouTube kami, lalu follow Instagram kami, dan tidak lupa saya katakan, sampai jumpa dilain postingan.

© If you want to copy Article, please provide the source

0 comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru