Home » » Perbedaan Lisensi OEM, OLP, COA, Dan FPP

Perbedaan Lisensi OEM, OLP, COA, Dan FPP

Lisensi identik dengan aktivasi perangkat lunak atau software, entah aplikasi apapun itu, pastinya pengembang ingin agar produknya tidak dibuat percuma, sehingga dibutuhkanya aktivasi, tidak terkecuali untuk Windows ataupun Microsoft Office.
Disini saya akan mengupas tuntas kenapa banyak sekali lisensi murah, sedangkan lisensi disitus resminya saja sekitar 3.7jtaan.

Ini berhubungan dengan jenis lisensi apa yang anda beli.

Yang anda lihat disitus resminya cek gambar ;

Harga Windows 10 lisensi Original FPP

3.7jt bukanlah lisensi OEM saudara melainkan jenis Lisensi FPP (Full Package Product.

Mari kita mulai kupas tuntas macam-macam lisensi Windows dan Microsoft Office.

1. Lisensi OEM

Lisensi OEM

OEM (Original Equipment Manufacture) yaitu jenis lisensi Windows yang sudah terintegrasi dengan hardware tertentu, seperti Server, penyimpanan pada perangkat itu sendiri.

Contohnya;
Anda membeli lisensi windows dengan Merek dagang yang diperuntukan untuk DELL, atau Zyrex, atau Asus dll. Maka ketika anda aktivasi dan sudah terintegrasi pada perangkat laptop / desktop tersebut, ketika hardware anda rusak, misal HDD rusak, Lisensi OEM tersebut sudah tidak dapat anda gunakan.

Kesimpulanya ;
Lisensi OEM hanya diperuntukan untuk 1 perangkat dan jika perangkat rusak maka lisensi hangus.

2. Lisensi OLP



Lisensi OLP (Open License Program) yaitu lisensi yang mengharuskan syarat khusus untuk membelinya, sebagai contoh anda tidak bisa membeli jenis ini dengan hanya membeli 1 lisensi, ada minimum pembelian dalam persyaratanya.

Harganyapun lebih tinggi dari lisensi OEM, satu lagi pembeda adalah, lisensi OLP tidak memiliki logo stiker untuk ditempel, melainkan memiliki sertifikat, maka lebih aman dan terjamin keaslianya.

Lisensi jenis ini, tidak terintegrasi wajib dengan 1 perangkat laptop/PC, anda bisa menggunakanya kembali walaupun perangkat anda rusak.

3. Lisensi COA

Lisensi COA Windows

Lisensi COA (Certificate Of Authenticity) yaitu stiker lisensi yang menyatakan bahwa jenis lisensi yang kita beli original, contoh COA OEM berarti stikernya melekat pada perangkat laptop/PC sebagai bukti Keaslianya, contoh lagi COA FPP maka stikernya melekat di BOX sehingga jika jenis lisensi FPP dus diusahakan jangan sampai hilang. Tetapi ada juga COA stiker yang lulus uji sinar Ultraviolet didalam box FPP.

Oh ya, stiker COA yang asli itu lulus uji sinar ultraviolet yah. Atau tipsnya anda perhatikan seperti anda menerawang uang kertas, perbatikan benang pengamanya, yang asli pasti gradasinya menyatu dengan kertas.

Atau singkat cerita Lisensi COA adalah bukti keaslian fisik Windows atau Microsoft pada perangkat Laptop/PC. Jika OLP berarti Sertifikatnya.

4. Lisensi FPP


Lisensi FPP Windows

Lisensi FPP (Full Package Product) yaitu lisensi yang hampir sama dengan OEM terbatas untuk 1 perangkat, tetapi pembedanya apabila OEM wajib satu perangkat dan apabila ada kerusakan maka lisensi juga ikut hangus, tetapi FPP sama dengan OEM yaitu hanya boleh digunakan kepada 1 perangkat, tetapi apabila hardware laptop/pc ada kerusakan, lisensi masih dapat digunakan.

Correct me if I'm Wrong.
Semoga tulisan ini bermanfaat see you nexf post.

© If you want to copy Article, please provide the source

0 comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru