Home » » Alasan NFC Kini Populer

Alasan NFC Kini Populer

NFC tepatnya Near-Field Communication adalah sebuah teknologi yang dipatenkan pada tahun 1983 oleh Charles Walton, secara sederhana NFC adalah protokol komunikasi jarak pendek yang membuat perangkat elektronik terhubung satu sama lain.

Mekanisme kerja NFC tidak terlepas dari RFID (Radio Frequency Identification). Jarak gelombang yang digunakan lebih pendek dibanding Sinyal Operator, Bluetooth, ataupun WiFi, sehingga efisiensi resiko interferensi lebih kecil, mendekati angka 0.

Apa itu interferensi ? Dilansir wikipedia seperti berikut;
Interferensi adalah interaksi antar gelombang di dalam suatu daerah. Interferensi dapat bersifat membangun dan merusak. Bersifat membangun jika beda fase kedua gelombang sama dengan nol, sehingga gelombang baru yang terbentuk adalah penjumlahan dari kedua gelombang tersebut. Bersifat merusak jika beda fasenya adalah 180 derajat, sehingga kedua gelombang saling menghilangkan.

Saya bukan ahli fisika tetapi anda dapat menyimpulkan sendiri kenapa baru-baru ini teknologi NFC semakin digemari, dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Saat ini penggunaan uang elektronik begitu populer serta penggunaan kartu elektronik saat ini dipopulerkan, contoh saja E-Toll Card, yang mana saat ini pembayaran Jalan Tol menggunakan saldo uang elektronik.

Sehingga NFC sangat dibutuhkan karena penggunaan E-Money Card menggunakan teknologi NFC.

Alasan NFC kini populer
Sumber : https://www.smart-tec.com/en/auto-id-world/nfc-technology

Kenapa sistem Cashless menggunakan teknologi NFC dan bukan Bluetooth atau WiFi ?

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, dikarenakan teknologi NFC adalah gelombang pendek, sehingga anda tidak perlu khawatir ketika menggunakan teknologi ini, gelombang tidak akan terdeteksi oleh siapa saja yang radiusnya bahkan 0.5 Meter atau bahkan lebih dekat lagi, teknologi NFC adalah gelombang pendek 10cm yang bahkan dalam penggunaanya harus menempelkan kedua Elektronik sehingga baru bisa saling terhubung.

Beda dengan Bluetooth dan Wi-Fi yang radiusnya lebih jauh, contoh saja Bluetooth dalam radius maksimalnya hingga 10 Meter, bayangkan jika E-Money Card menggunakan Bluetooth, belum harus autentikasi agar saling terhubung, belum lagi Turn On, Turn Offnya.

Oleh karenanya Sistem Cashless menggunakan teknologi NFC kelebihanya tentu saja ;
1. Hemat Daya
2. Lebih Aman
3. Hemat Waktu (tanpa autentikasi)

Untuk itulah saat ini NFC sangat dibutuhkan baru-baru ini.

Tujuan utama NFC dahulu adalah untuk transfer file tanpa menggunakan kabel, yang lebih cepat dibandingkan Infra Red, tatapi kalah populer oleh Bluetooth, ditambah sekarang kalah populer oleh WiFi, sehingga NFC kini beralih fungsi menjadi alat untuk transaksi perekonomian dunia, dan mungkin fashion dari NFC sejak awal seharusnya seperti ini.
Lalu Smartphone Android mana saja yang sudah support NFC dengan harga terjangkau?
Nantikan postingan saya selanjutnya, terima kasih sudah mengunjungi blog, see you again.

© If you want to copy Article, please provide the source

0 comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru