Home » » Uang Digital Dan Perkembanganya

Uang Digital Dan Perkembanganya

Uang atau biasa kita sebut Duit, atau apalah sebutan populernya memiliki daya tarik maksimal bagi siapapun, pada perkembanganya uang dibagi menjadi beberapa definisi dan cara pakainya.

Fungsi uang sendiri secara tidak tersadar dan benar, kita definisikan adalah alat pembayaran yang sah untuk suatu keperluan, terlepas dari semua keperluan dan keinginan yang anda inginkan, maka uang lah sebagai alat dalam transaksi tersebut.

Banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan uang, dan tidak sedikit demi uang, banyak juga orang yang ilegal dalam mendapatkanya, ini menjadi suatu renungan dan menjadi kemirisan moral, bagi kita yang sadar akan kepedulian hak dan batil.

Sedikit saja akan saya fokuskan pembahasan ini agar tidak melebar kemanapun, yaitu Cara Pengunaan Uang yang bermacam-macam dewasa ini.

Hingga tulisan ini dibuat uang terbagi menjadi beberapa cara penggunaan diantaranya :
- Uang Fisik
- Uang Digital

Uang Fisik
Uang Fisik
Tahukah anda semakin maju suatu teknologi dan modernisasi suatu zaman, maka berkurangnya pula peredaran uang fisik dalam suatu zaman.

Ingatkah anda dahulu, gajih seorang pegawai itu dibayar Cash menggunakan Amplop, namun dengan perkembangan zaman, maka perbankan berperan penting dalam mensponsori pembaruan teknologi ini. Dengan demikian perusahaan menjalin kerja sama dan menggunakan pembayaran bersistem Payroll.

Artinya jumlah peredaran uang berkutat pada perbankan, dengan nilai nominal yang fantastis, dan anda hanya menerima nominal berupa huruf 1-9 digit angka pada rekening masing-masing.

Lalu apakah anda menarik semua gajih anda ?
Tentu tidak, karena dikhawatirkan tidak sesuai planning anda dan uang habis begitu saja. Artinya berkurang peredaran uang fisik.

Contoh saja, gajih anda 3jt Perbulan kemuadian yang seharusnya uang beredar 3jt malah jadi beredar 1jt misalkan, sisanya peredaran uang berkutat pada bank. Begitulah maksud dari berkurangnya peredaran uang fisik.

Ditambah lagi uang elektronik atau dikatakan uang digital yang beragam macamnya seperti T-Cash, Dana, I-Saku, dll.

Semakin menambah kurangnya peredaran uang fisik lambat laun, maka di lansir beberapa situs populer, memprediksi 5-10 tahun kedepan uang fisik akan semakin menurun drastis, nominal BI tetap sesuai peraturan perekonomian internasional, hanya peredaran jumlah uang fisik yang semakin berkurang.

Bukan tanpa alasan, semua alat pembayaran kini mulai beralih menggunakan uang digital, seperti contohnya jalan tol, kini tidak akan lagi ditemukan peredaran uang fisik didalam jalan tol, walaupun masih ada beberapa yang menggunakan uang fisik dan itupun dengan syarat tertentu. Semua kini serba digital, anda dapat berbelanja menggunakan alat pembayaran digital yang sudah di otorisasi oleh OJK.

Jadi, semua transaksi yang ada, kini di otomatisasi oleh sistem digital, peredaran uang kini sudah mulai mendominasi di sektor digital selain perbankan, maka kesimpulanya, semakin berkurangnya peredaran jumlah uang di masyarakat.

Mungkin di angka 40% dari nominal BI yang ada, uang fisik beredar, sisanya ?

Perbankan dan Owner Pemilik Jasa Uang Digital.

Bayangkan saja 60% sisanya, seberapa besar nominal yang ada pada perbankan dan Owner pemilik alat uang digital, baik berupa aplikasi atau apapun itu.

Perekonomian kini mulai beralih dari roda uang fisik, menjadi roda uang digital.

Memang secara ekonomi tidak berpengaruh besar karena overall total nominal tetap sama, tetapi jika anda pikirkan kembali, ada perlombaan peluang keuntungan disini.

Kenapa bisa seperti itu, coba kita pikirkan, hari ini alat pembayaran yang sah juga adalah uang digital yang sudah terverifikasi oleh OJK dan pastinya menggandeng kerjasama dengan Bank.

Semua itu adalah kemasan birokrasi perbankan yang rumit dan kompleks, sistem yang terorganisir untuk menghasilkan entrepreneur-entreprenuer.

Seolah tidak mempengaruhi, namun justru daya dongkrak uang digital tentunya memiliki keuntungan menggiurkan, 60% perputaran uang fisik dikendalikan.

Luar biasa bukan ?

Disini kita harus pandai dan bijak menyikapinya, di satu sisi kita harus mengetahui perekonomian khususnya nasional dan umumnya internasional, agar kita tidak ketinggalan langkah dari orang lain, yang selangkah maju di depan.

Jika supermarket dan minkmarket meng-Upgrade cara penggunaan uang, dengan support adanya pelayanan penerimaan alat pembayaran elektronik, maka anda pun sudah harus berpikir untuk meng-upgrade usaha anda agar dapat melayani setiap perkembangan teknologi yang ada, nah seperti yang sudah saya katakan tidak selangkah tertinggal dari yang lain, karena dominasi keuangan kini mulai beralih dari uang fisik menggunakan uang digital.

© If you want to copy Article, please provide the source

0 comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru