Home » » Inspirasi Dagang Atau Usaha

Inspirasi Dagang Atau Usaha

Halo para sahabat inteku, saya kembali akan mengulas topik-topik menarik, namun kali ini jauh dari bab teknologi, atau out of the topik, banyak postingan blog saya yang keluar dari niche blog, lantaran saya tidak memiliki banyak blog dan mengkhususkan 1 niche dalam satu blog, maka saya kumpulkan semua materi dalam blog inteku, istilah orang "blog gado-gado".

Apapun istilah yang disematkan pada blog saya, tidak apa. Saya paham konsep mothers brand. Tapi apa daya, saya hanya mampu membuat brand dengan cara seperti ini karena sdm yang terbatas.

Apapun itu, yang penting pergerakanya nyata dan tidak hanya ada dalam pikiran. #cieeeeeeeeeeee

Okeh, langsung saja ketopik pembahasan mengenai inspirasi dagang/usaha sendiri.

Banyak motivator baik lokal ataupun internasional yang tokoh-tokohnya sangat menginspirasi banyak orang.

Namun terkadang setelah terinspirasi, dan terkonsep dalam benak kita usaha tersebut banyak yang hanya ada dalam pikiran, karena beberapa kendala.

1. Modal
2. Usaha apa
3. Tempat
4. Bingung
5. Dll

Dagang

Kita kupas mengenai MODAL.

Poin penting dari kendala semua orang pastilah modal, itu keluhan hampir ditemukan setiap orang yang hendak berdagang.
Saya beri satu link YouTube yang sudah menjadi entrepreneur sukses.

https://m.youtube.com/user/successbefore30

Nama dari owner sekaligus yang menjadi motivator tersebut adalah Pak Chandra. Silahkan banyak belajar pada beliau.

Yang bisa saya katakan disini adalah, modal itu penting benar adanya karena tanpa modal anda tidak bisa berdagang/usaha.

TAPI...............

Modal tidak selalu berupa uang, ingat dan catat, modal tidak selalu berupa uang.

Modal pertama yang harus anda miliki adalah KEBERANIAN. Percuma anda punya uang 100jt kemudian anda tidak berani memulai usaha, percuma, anda akan ketinggalan dengan orang yang punya modal 1jt tapi dia berani memulai usaha, 5 tahun yang akan datang anda kalah cepat sama dia karena dia sudah pengalaman, tahu pahit dan manisnya berdagang, anda akan kalah jika bersaing karena pengalaman sudah berbeda.

Ini fakta, banyak orang memulai usaha setelah dia pensiun dan tidak sedikit uang pensiunan jadi habis selepas usaha, karena pengalaman belum ada, perlu anda renungkan disini, jadi modal utama bukanlah uang, melainkan keberanian. Next...

Modal kedua adalah melihat pasar dan peluang, ketika anda sudah mulai berani usaha cobalah survei pasar, lihat kebutuhan satu daerah/perkampungan/perkotaan/perumahan apa yang belum ada dan dicari, anda bisa membuat data statistik dengan bertanya langsung, dengan melihat situasi, atau dengan menjadi kompetitor usaha yang sudah ada, dengan kelebihan dari kompetitor tersebut.

"Ngomong sih gampang faktanya tidak demikian"

Okeeeeeh, jika anda memiliki pola pikir seperti ini, yakinlah anda tidak akan bergerak dari usaha sendiri, kenapa ?

Karena pola pikir yang demikian menghambat anda memikirkan hal yang lebih besar. Orang sukses berpikir besar. Alih-alih memikirkan hal yang kecil orang sukses lebih cenderung memikirkan hal besar, dan bukan hal kecil yang seperti demikian.

"Hidup tak semudah omongane admin inteku"

Yah, karena hidup bukanlah omongan tapi aktifitas, ketika realita ini anda ketahui, artinya tidak hanya bisa di omongin doang atau sebatas wacana, harus ada aktifitas nyata yang anda lakukan, jika aktifitas nya saja belum anda lakukan dan anda berpikir "hidup tak semudah omongan" berarti anda keliru.

Saya tidak akan melebar, karena topik fokus saya adalah modal.

Banyak orang berpikir, jika modal besar maka untung semakin besar, ini memang benar adanya tapi ini untuk profesional yang sudah bergelut dan berkecimpung sebelumnya.

Bagi anda yang belum sama sekali dan pemula berpikir demikian, ooooh bahaya.

Pengalaman belum ada, jika benar anda berwira usaha dengan partner yang bisa dipercaya, syukur Alhamdulillah usaha anda akan maju, tapi heiiiiii, sekelas perusahaan membangun sistem agar tidak dicurangi, siapa anda yang dengan polosnya usaha tanpa sistem dan permodalan yang besar.

Anda pastinya belum memiliki pola sistem dari usaha anda karena belum adanya pengalaman, jika anda sudah terjun, minimal anda tahu kendala, kebutuhan, lingkungan, plus minus, sehingga anda tau setidaknya konsep yang harus dimainkan, maka dari itu anda membutuhkan suntikan dana agar bisa menjalankan konsep yang sudah di riset dari perjalanan berwira usaha. Jadi, kalau untuk pemula jauhkan pikiran modal besar memiliki keuntungan yang besar, anda belum terjun, kecuali untuk yang pernah usaha kemudian gagal, dan ingin bangkit lagi, mungkin kata-kata ini wajar dikemukakan.

Jadi, kapan mulai usaha ?

Ingat yah, saya tidak mendorong anda meninggalkan pekerjaan yang sudah ada dan memicu anda berwira usaha, seluruh keputusan dan resiko anda tanggung sendiri.. hehe

Karena kesuksesan yang anda raih kelak, untuk anda sendiri, dan bukan untuk orang lain terlebih saya.
Sekian pada episode kali ini.. haha episode
Salam sukses selalu teruntuk kalian semua yang baca, and see you next time.

© If you want to copy Article, please provide the source

0 comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru