Home » » Contoh SP3K KPR Subsidi Dan Penjelasanya

Contoh SP3K KPR Subsidi Dan Penjelasanya

Memiliki rumah adalah hal mutlak bagi setiap orang, untuk itu memiliki rumah hal yang sangat di perjuangkan baik bagi pasangan muda ataupun yang masih sendiri, terlepas dari status, rumah dapat dimiliki dengan 2 cara pembelian, yaitu cash and kredit.

2 pilihan ini tidak lepas dari daya kemampuan seseorang dalam memiliki rumah, jika anda seorang pengusaha, mudah saja anda membelinya dengan cash, dan apabila anda pula seorang pekerja dengan penghasilan tinggi mudah juga dalam memiliki hunian impian.

Tapi bagaimana dengan seorang pekerja yang ber sallary minim, pemerintah akhir nya menanggapi masalah tersebut dengan diadakanya program rumah bersubsidi dimana hanya untuk orang-orang dengan penghasilan tidak lebih dari 4jt/bulan.

Untuk mensukseskan program tersebut pemerintah beserta jajaranya memantau sejauh mana aplikasi pemohon real, dengan diadakanya survey, jadi hati-hati untuk anda para developer nakal, ataupun nasabah nakal yang memalsukan data pengajuan kepada bank.

Pemerintah berjanji yang mana nasabah tidak akan mendapat rumah bersubsidi inden, artinya apa, artinya rumah bersubsidi haruslah siap huni, minimal 80% sudah jadi saat melakukan akad kredit kpr.

Rumah subsidi juga harus layak huni, ini yang harusnya jadi perhatian bagi semua pihak, baik itu developernya ataupun pihak bank yang akan memberikan kredit, lihat dulu apakah layak huni spesifikasi yang ditawarkan oleh developer, karena banyak kasus, rumah subsidi tidak ditempati lantaran bukan karena kesalahan nasabah, melainkan memang rumah tidak layak huni.

Kenapa ?
Karena minimal dalam 5 tahun rumah harus ditinggali, ini syarat dalam kpr rumah bersubsidi, sekarang bagaimana rumah akan ditempati apabila rumah tidak layak huni, jadi anda sebagai nasabah pintar-pintar lah dalam memilih, jangan sampai anda dikelirui.

Untung Ruginya KPR Perumahan

Sebelum lanjut saya akan menerangkan untung ruginya membeli perumahan dengan kpr.

Keuntungan :
  1. Anda diuntungkan dengan akses jalan
  2. Sertifikasi lengkap seperti sertifikat dan IMB
  3. Perumahan, pastilah prospect tata kota kedepan adalah pusat aktifitas
  4. Irigasi
  5. Masing-masing (tidak akan ada yang iri anda membeli ini itu dan sebagainya)

Kerugian :
  1. Pembelian rumah di brosur akan berbeda jika anda total dengan biaya-biaya lain yang anda keluarkan seperti (materai, lampu rumah, mesin pompa air, renovasi)
  2. Sertifikat SHGB (khusus yang Developernya tidak upgrade sendiri status sertifikat)
  3. Adanya biaya Roya ketika KPR lunas
  4. Jika SHGB, ada lagi biaya upgrade kepemilikan hak menjadi SHM

Itulah beberapa untung rugi kpr perumahan subsidi. Baik, sekarang seperti apa sih SP3K itu.

SP3K adalah Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit sehingga disingkatlah SP3K.

Nah apa saja isi didalam surat tersebut lihat gambar dibawah ini.

Contoh SP3K

Kurang lebih isinya adalah penjelasan plafond kredit, tenor, serta biaya-biaya untuk akad kredit. Kebetulan saya orang Purwakarta, maka saya membeli kpr rumah di purwakarta, nama perumahanya Benteng Mutiara Mas.

Ini sangat dinantikan apabila anda tengah dalam masa pengajuan, karena SP3K ini sebagai pedoman seseorang itu di ACC bank atau tidak.

Oh ya, untuk menyiasati tenor dengan waktu yang lama, contoh disini saya 180 bulan maka BANK BTN khususnya memiliki fitur pembayaran Angsuran Extra KPR yang mana fitur tersebut dapat digunakan ketika masa kpr telah berjalan satu tahun, dan hanya sekali dalam satu tahun anda dapat membayar angsuran extra kpr, dengan minimal jumlah pembayaran 5x angsuran dan maksimal tidak terbatas.

Nanti setelah ini kita riview perumahan tersebut.... Hahahaha

© If you want to copy Article, please provide the source

21 comments:

  1. Ka kita tuh nnti dpt surat sp3k nya gasi kl udh disetujui kpr subsidinya? Atau nnti itu yg megang developer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikasih indah, nanti sebelum akad ada pemberitahuan

      Delete
  2. Apakah sp3k bank btn bisa dibatalkan karena saya dijanjikan dpt bantuan uang muka subsidi 4 juta oleh deplover.saya ambil rumah subsidi 2019 bln november...saya mau pindah bank apakah boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tetapi Booking Fee akan Hangus gan

      Delete
    2. Jadi DP 12 juta saya gmn gan? Saya ambil rumah subsidi di batam dan sp3K dari bank btn sdh keluar, saya mau pindah wawncara ke bank lain dan membatalkan sp3K BTN .KpR yg di kasih BTN KpR sejaterah tapak uang muka 5% apa mksdnya ya gan?

      Delete
    3. SP3K bisa dibatalkan, untuk DP nominal dikembalikan sesuai kebijakan developer, tapak uang muka 5% maksudnya minimal DP sebesar 5% dari harva rumah, misal harga rumah Rp. 130,000,000 agan sudah bisa acc hanya dengan bahar DP 5% nya sebesar Rp. 6,500,000 kebijakan tgl 2 Desember 2019

      Jadi tidak harus DP 30% saat ini untuk dapat KPR

      Delete
  3. Harga rumah 150 juta tahun 2019 bln november di batam tipe 30/60 tp saya hrs byar DP dan booking fee jadi 12 juta kata deplover pdahal saya ambil rumah subsidi di batam dan sp3k sya dari bank BTN sdh keluar dgn kredit tapak sejahtera uang muka 5% , jd saya harus gmn byr sisa DP nya? Pdhl sp3k saya sdh keluar apkah ini ada penipuan kepada saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau indikasi penipuan saya tidak tahu, tapi kalau 5% dari 150jt berarti 7,5jt mungkin ditambah pengurusan biaya BPHTB, biaya Notaris, dan pemecahan sertifikat induk ke perorangan, sehingga DP total sampai terima kunci 12jt gan

      Delete
  4. Surat2 free, biaya notaris dan lain nya saya bayar ke BTN dan sdh ada tertera pada surat sp3K. Knp saya byr DP dan booking fee sampai 12 juta.pdhl rumah subsidi kl 2019 ya 5% dari harga rumah 150 juta. Kemana saya harus lapor?krn ini program pemerintah rumah subsidi

    ReplyDelete
  5. Kl DP dan booking fee hrs saya byr ke deplover 12 juta dan sdh wawancara ke btn dan sp3k juga sdh keluar dan rincian lain bank notaris, provisi dan angsuran 1 .kan dp rumah subsidi 5% krn di sp3k btn kpr kredit sejahtera tapak uang muka 5% .koq bisa dokumen deplover tdk di audit dan saya tidak diwawancara di btn tentang hal uang muka krn ini kan rumah subsidi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pelaporan saya tidak tahu, tapi alangkah baiknya coba d survei apakah semua yang mengambil rumah dengan DP 12jt apabila iya memang kebijakan developer mungkin demikian namun apabila berbeda nominal, bapak bisa komplen langsung ke developer dan menanyakan perihal rincian biaya

      Delete
  6. Pa saya ngambil rmh subsidi saya pun sudah akad kredit tpi trnyta sp3k yg pihak kantor pemasaran ksh ke saya trnyta BKN yg asli tpi hasil prinant mreka saya tanya katanya sp3k saya msh d bank BTN tolong pa bsa bantu jelasin biar saya paham mksdnya.trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk SP3K sebenarnya hanya penegasan persetujuan kredit, artinya apabila salinanya pun yang didapat tidak masalah, pada intinya pihak bank btn sudah setuju menyediakan plafond tertentu untuk di kreditkan kepada nasabah, poinya tanyakan saja kepada developer, apakah printan tersebut sesuai dengan data yang terdapat di pihak bank?

      Delete
  7. Gan mau tanya, apakah yg ngambil kpr subsidi udah pasti dpt bantuan pemerintah yang 4 jt?
    Trus liat Sp3k yg di atas kalau sy hitung.
    Dr plafon 123.400.000 bunga 5 % tenor 180 bulan, harusnya angsuran perbulannya 975.839 kenapa itu jdi 990.800?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah namanya riba gan ^_^ selalu bertambah

      Delete
  8. Gan,saya mau tnya DP 5% dari hrga rmh saya kn 146.000.000 itukan 7.300.000, klo saya bayar itu smua DP nya, Trus SBUM 4jt itu gmna gan, dan saya mau tnya Sp3k BTN ada biaya mengendap itu mksdnya apa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sepaham saya, DP5% itu sebetulnya + 4jt dari pemerintah, sehingga total DP aslinya ditambah yg 4jt tersebut, jadi 4jt tadi masuknya ke developer bukan untuk kita.

      Misal gini, harga rumah agan 146jt harusnya dp wajib itu, bukan 5% tetapi karena ada SBUM sehingga, dp turun menjadi 5%

      Tetapi setiap developer memiliki kebijakanya masing-masing, rekan saya, membayar dp rumah 5% + 4jt nya, setelah cair sbum ke developer, SBUM itu dikembalikan kepada debitur karena diawal sebelum cair sbum sudah dibayarkan terlebih dahulu oleh debitur

      Delete
  9. Gan saya ambil KPR subsidi,info dr deplover sp3k saya sudah keluar,lalu saya di sruh buka rekening dan membayar kan sisa kekurangan nya.namun saya lihat via hp format pdf seperti print.n ,, tidak ada logo dan tanda tangan dari pihak bank.dan selama menunggu sp3k keluar saya sama sekali tidak ada telepon dari pihak bank untuk verifikasi data saya.
    Yg ingin saya tanyakan apakah sp3k tsb asli apa tidak?
    Dan apakah saya bisa kroscek ke bank untuk hal tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang untuk SP3K kita tidak diverifikasi, karena pihak bank memeberi tembusan hanya ke developer, adapun untuk kroscek ke bank coba di sp3k yang dikasih developer, lihat no kontraknya dan bisa hubungi pihak bank dengan nomor kontrak di sp3k

      Delete
  10. Kak, selain SP3K, dokumen apa lagi yang akan kita dapatkan setelah akad? Oia apakah mendapat berkas polis asuransi jiwa dan kebakaran? Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk polis asuransi dan kebakaran sepertinya berkasnya tidak kita dapatkan, tetapi ada dalam perjanjian akad

      Delete

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru