Home » » Atasi Memori Penuh Internal Karena File Media

Atasi Memori Penuh Internal Karena File Media

Mengatasi masalah memori android internal penuh karena file media seperti gambar dan video. Jika anda tidak mau ambil pusing silahkan reset memori anda maka memori penuh teratasi, contohnya factory reset. Tetapi untuk anda yang ingin tetap mempertahankan data yang sudah ada sejak awal kalian membelinya dari toko, tips yang akan saya share semoga menjadi alternative yang membantu.

Bahan yang diperlukan sebelum kelangkah utama, anda harus mempunyai file explorer yang support show hide folder, misal ES Eksplorer, lalu aktifkan show hide folder pada menu option navigation. Jika anda sudah memiliki file explorer selain dari ES Explorer tetapi support juga show hide folder bisa anda gunakan, caranya sama.

Cara fix (memperbaiki) memori sd card internal penuh karena file media (photo, video)
• Jalankan aplikasi file explorer
• Cari folder DCIM
Ingat DCIM dari internal SD card bukan External.
• Lihat Folder .thumbnails
• Hapus Folder tersebut
• Tambahkan File Baru dengan nama yang sama persis seperti folder yang kita hapus.
Berikut gambarnya :

file android

Pilih File ingat jangan folder, lalu nama file samakan dengan nama folder yang dihapus disini berarti .thumbnails selesai.

file .thumbnails

Jangan takut, gambar asli anda tidak akan terhapus, karena folder tersebut adalah program yang hanya untuk menampilkan thumbnail atau gambar antar muka saja melalui aplikasi photo viewer.
Seperti berikut sebelum diperbaiki :

thumbnails folder android

Semakin lama masa photo viewer yang anda buka semakin besar pula kapasitas memori yang dihasilkan oleh folder .thumbnails jadi tipsnya jika dirasa memori internal sd card anda tidak wajar pembacaanya, silahkan cek folder tersebut.

penyimpanan android

Contoh seperti diatas, padahal anda yakin menaruh gambar dan video lewat sd card external bukan internal, tapi read yang terdeteksi oleh internal seperti berikut, anda bisa melirik tips diatas, kenapa .thumbnails terhitung oleh memori android, alasanya karena berbentuk folder sehingga didalam folder tersebut akan secara otomatis bertambah sesuai masa pakai photo viewer, tetapi apabila berbentuk file, besaran yang akan dihasilkan cukup minim sekali bahkan mungkin tidak akan dianggap.

Cara ini adalah cara paling sederhana, tetapi dapat menjadi bahan alternative tanpa kita harus repot reinstall ataupun factory reset, yang cenderung menjurus pada penghapusan seluruh data memori, sehingga dihasilkan smartphone seperti baru membeli dari tokonya.
Sekian cara memperbaiki memori penuh padahal kosong pada android.

© If you want to copy Article, please provide the source

4 comments:

  1. min klo ane udh hapus thumbnails tapi masih kemakan memori gimana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat data aplikasi barangkali jarang dihapus sampah (chace) nya, sistem aplikasi itu ketika kita biarkan runing berhari2, berbulan2, bertahun2 lama2 membesar dari segi :
      1. Chace aplikasi
      2. Aplikasi itu sendiri (karena mengalami pembaruan)
      3. Data Aplikasi
      4. Lib Aplikasi
      5. Dex Aplikasi
      kalo bisa tweak alihkan dari internal ke eksternal cuma aga ribet dikit

      Delete
  2. Sudah beberapa cara.. Tpi hasilnya masih nihil di hh lg g3 stylus

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru