Home » » Apa Itu Jurusan Kontrol Mekanik

Apa Itu Jurusan Kontrol Mekanik

Pernahkah anda minimal mendengar "KONTROL MEKANIK" jika ya besar kemungkinan anda orang bandung (cimahi) ataupun anak didik SMK NEGERI 1 PURWAKARTA, atau Sekolah kejuruan lain yang memiliki jurusan yang sama.
SMK (sekolah menengah kejuruan) mayoritas memiliki bidang studi "JURUSAN" Mesin, Otomotif, Elektro, Teknik Komputer Jaringan, Bangunan.
Terhitung masih sedikit sekali sekolah yang menghadirkan jurusan kontrol mekanik atau bisa dibilang instrumentasi industri.

Kata "Instrumentasi" yang kebanyakan terlintas di benak kita adalah alat-alat yang sifatnya berbunyi, misalkan intrumen musik, dan lainya, padahal setiap alat dapat kita implementasikan sebagai instrumen, contoh saja instrumen pembersih gigi ada dua.
- Satu Pasta gigi
- Dua Sikat gigi

Kembali ketopik, "intrumentasi industri" yang berarti alat-alat industri, yang meliputi perindustrian, misalkan contoh kecilnya.
- PLC
- Panel
- Valve
- Bearing
- Rotor
- Mikro Kontroler
- Dll.

Itu tadi penjelasan dasar dari bidang studi, jurusan Kontrol Mekanik, sekarang kita intip mata pelajaran produktif nya.

mata pelajaran kontrol mekanik

Kesimpulan :
Dari semua paragraph kalimat diatas kita bisa rangkum pengertian kontrol mekanik, jika asumsi saya untuk kejelasan yang lebih sederhana, kontrol mekanik adalah gabungan dari bidang studi Listrik, Elektro, Otomotif, Mesin, Bangunan, Komputer.
Walaupun banyak studi yang diajarkan yang menonjol adalah pelajaran Listrik dan Elektro.

• Otomotif diajarkan hanya dasar, seperti proses pembakaran kendaraan bermotor, dan lainya, untuk itulah kita mengerti walau hanya sedikit tentang otomotif.

• Mesin diajarkan hanya dasar, seperti mengelas, mengikir, dan lainya.

• Elektronika dan Listrik sudah jelas tertera digambar.

• Komputer, lebih ke software untuk simulasi pengontrolan misal simulasi intrumentasi PLC digabungkan dengan Valve, Relay, TDR (Time Delay Relay), Penggerak, atau semacamnya, yang jelas kita simulasi terlebih dahulu menggunakan tools software tertentu misal dari FESTO.

• Bangunan, kita tidak belajar menghitung, membuat gambar, dan lainya yang menjurus pada bangunan, hal yang sama sejenis adalah kita "kontrol mekanik" sama menggambar, hanya kita menggambar teknik, misal kita membuat baut, baut dibagi menjadi dua populernya ada "laki" dan "wanita" baut laki dibuat di jerman, dan baut wanita dibuat di indonesia keduanya akan terorganisir atau pas, ketika ada gambar teknik, singkatnya gambar teknik adalah suatu komunikasi yang efektif untuk menghubungkan satu tujuan, dalam pembacaan dan pembuatanya kita bisa memilih salah satu jenis gambar teknik.

© If you want to copy Article, please provide the source

0 comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru