Home » » Perbedaan Blue Obsidian, King Safir, Blue Safir

Perbedaan Blue Obsidian, King Safir, Blue Safir

Selang beberapa lama ini kita sedang di hangatkan dengan musim batu akik, batu mulia, entah apa namanya, yang jelas sejenis gemstones. Menilik banyaknya batu yang beredar, tidak sedikit yang menjadi bingung apa perbedaan dan nama yang pas untuk batunya.

Disini kita akan membedakan 3 jenis batu :
  1. Blue safir
  2. King safir
  3. Blue obsidian

Kenapa tiga batu tersebut yang saya sajikan ?
Karena banyak yang mengaitkan tentang blue safir, dan saya pengguna blue obsidian, pertama saya mengira batu permata yang sedang digunakan adalah blue safir ketika dicari informasi, rasa PD saya turun ketika persamaan ciri batu yang digunakan lebih cocok dengan obsidian bukan kelas safir.

Blue safir

blue safir

Blue safir jenis permata yang cukup langka dan dikenal, harganya yang tinggi menjadi keunggulan tersendiri, karena terdapat guratan guratan didalam batu tersebut, dan guratan seperti gas tersebut ada dari sejak ditemukan di alam mempercantik paduan warna birunya, kalian tidak bisa dengan kasat mata melihat guratan tersebut, minimal menggunakan kaca pembesar 10x lebih terlihat menggunakan kaca pembesar 20x

King safir

king safir

King safir bukanlah batu tambang seperti pada umumnya, king safir hasil dari pengkristalan melalui laboratorium, bahan utamanya blue safir, cara kerja pembuatan secara garis besar, blue safir yang dicairkan dan dengan campuran kimia tertentu lalu dibekukan kembali, sehingga membentuk mirip sekali dengan blue safir, bahkan mohs scale nya hampir mirip dengan yang asli antara 8-9 skala mohs.
Perbedaan yang signifikan adalah pada pembentukan garis garis (guratan) pada batu tersebut, jika blue safir asli guratan akan terlihat jika menggunakan kaca pembesar 10-20x tetapi untuk king safir itu terlihat tanpa penggunaan kaca pembesar. Untuk pembaruan pembuatan mungkin saja yang beredar sekarang ini hampir mirip sekali, bahkan hingga guratanya, karena kita tahu teknologi sekarang jauh lebih pesat kemajuanya.

Blue Obsidian

blue obsidian

Blue obsidian sebenarnya bukanlah batu mineral pada umumnya seperti bacan, kalimaya, dan lainya 'obsidian' sesuai nama yang menemukanya 'obsidius' dan batu obsidian terbentuk dari magma yang mendingin cepat, sehingga tidak sempat mengkristal seperti batu yang lain, untuk itu batu obsidian sedari ditemukan sudah mengkilap sebelum dipoles, bahkan batu ini dikenal juga nicknamenya (kaca vulkanik), ciri-ciri yang menonjol, batu ini sangat transparan, seperti kaca, kekerasan mohs scale 5-5.5 bisa juga lebih faktanya.

© If you want to copy Article, please provide the source

1 comments:

  1. Jujur kalau saya gak tau apa kelebihan dari batu2 akik tersebut hehe,,,

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru