Home » » Hati-Hati Phishing Online

Hati-Hati Phishing Online

Kali ini admin sedikit mengulas tentang phishing (mengelabui) asal kata dari fishing (memancing), saya berharap semoga kita terjaga dari yang namanya pengelabuan itu. Jika dulu makna phishing kental sekali dengan yang namanya kartu kredit, kini bisa meluas penggunaanya teman, terlebih sejak era dunia internet ada di gengaman tangan, alias smartphone pesat pengembanganya.

Sumber gambar = http://balisoulmate.com/news/hobi-memancing
Phishing

Menurut wikipedia :
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Pengelabuan

Menurut admin dari referensi tersebut dan informasi para korban.
Dimana transaksi, id log in user produk misal email dan password diketahui dengan cara-cara mengelabui korban seperti pengalihan kesitus mirip situs resmi produk, dll.

Contoh :
1. www.paypal.com
2. www.paypaI.com

Perbedaan tidak terlihat jika dalam tampilan saja tetapi url tersebut jelas berbeda jika kita ubah huruf kebentuk kapital semua.

1. WWW.PAYPAL.COM
2. WWW.PAYPAI.COM

Huruf warna merah tersebut adalah i dimana jika melirik contoh url sebelum huruf diubah semua, akan jelas mirip, ini hanya sebagai contoh, masih banyak cara mengelabui dalam tehniknya.
Mungkin diantara kalian juga pernah mencoba atau mungkin pengalaman kecil-kecilan misal, anda menaruh software khusus (data rekam browser), lalu yang jadi korban pacar, meminjam akses browser menuju situs medsos, dia log in, setelah penggunaanya, anda lihat data rekaman yang dijelajahi browser, ketemulah id log in pacar anda.

Hati-hati jangan terlalu sering digunakan, hargai juga private nya (viss).
Itu juga termasuk phishing, secara kasar, kenapa saya katakan kasar, karena tanpa ada korban yang meminjam akses browser anda yang including software khusus tadi, kita tidak akan tahu id nya.

Berbeda dengan cara lainya seperti pengalih confirm email dari situs besar, seperti verification, padahal jika kita lebih teliti mungkin akan sedikit meminimalisir korban. Tips penting juga nih, maka dari itu dijaman yang serba bisa ini, bahkan bagi pemula sekalipun, kita harus teliti menerima pesan masuk, info, memberikan data diri, didunia maya (internet), cek url, browser, dll.

© If you want to copy Article, please provide the source

4 comments:

  1. saya juga dulu pernah kena phishing mas, dulu sih akun fb saya yg kena phishing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kedepan lebih berhati2 kang dindin.
      Terus gimana tuh akun fbnya sekarang ?
      Sudah kembali ?

      Delete
  2. zaman sekarang banyak penyalah gunaan online ya mas, jadi bikin orang kapok dengan yang berbau online..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pengalaman korban jadi males transaksi online lagi, padahal setahu saya jika kita teliti, enakan via online daripada secara langsung, karena aksesnya luas kalau online

      Ya tapi kembali lagi kepada masing-masing orang juga mas :D

      Delete

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru