Home » » Membuat Blog Dari Awal Hingga Bisa

Membuat Blog Dari Awal Hingga Bisa

Membuat blog, Sebelum kelangkah utama, langkah awal kita bahas dulu mengenai blog. Blog terutama blogspot merupakan weblog untuk menulis postingan tentang apapun yang akan menjadi niche yang kalian pikirkan, bahasanya juga tidak perlu baku (menurut saya, rincinya, silahkan kunjungi wikipedia). Poin penting sebelum melakukan pembuatan blog adalah tujuan, penting sekali menurut saya tujuan pembuatan blog.
Beberapa daftar tujuan blog dari apa yang pernah saya alami :
  • Membuat Blog untuk menghasilkan uang.
  • Membuat Blog untuk mengenang momen.
  • Membuat Blog untuk berbagi konten dengan teman.
  • Membuat Blog untuk ujian.
  • Membuat Blog untuk dijual.
  • Membuat Blog untuk sosial.
  • Membuat Blog untuk jualan online.
  • Membuat Blog untuk menyimpan Backlink.
  • dll.
Tujuan saya membuat blog mulanya adalah untuk ujian ketika SMK, tahun 2009, blog yang saya kelola dahulu terabaikan karena memang yang saya pikirkan hanya mendapatkan nilai. Tetapi seiring perkembanganya waktu kini tujuan saya membuat blog adalah untuk mengabadikan momen yang pernah saya alami sekaligus menghasilkan uang untuk blog yang saya miliki ini.

Untuk itulah alasan kenapa tujuan membuat blog sangat penting, kalian yang pertama kali ingin membuat blog silahkan pikirkan apa tujuan anda membuat blog, list diatas hanya untuk gambaran saja, tetapi prediksi saya mayoritas apa yang terpikirkan oleh kalian membuat blog untuk menghasilkan uang ?.
Benar atau tidaknya prediksi saya jangan terlalu dipikirkan.

Membuat blog dengan platform blogspot, jika apa yang anda cari ternyata WordPress silahkan menuju situs yang membahas mengenai cara membuat blog melalui WordPress.
Kembali ketopik utama cara membuat blog dari awal hingga bisa (bukan mahir).
  1. Daftar melalui situs blogger url www.blogger.com (ikuti pendaftaran hingga selesai) saya anggap kalian biasa mendaftar online, karena biasanya yang sering mendaftar melalui online entah itu apapun Facebook, email, dll. Sudah terbiasa mengisi form yang disediakan, isi data sesuai pribadi masing-masing, (atau jika kalian mempunyai akun gmail sebelumnya silahkan daftarkan dengan akun gmail yang kalian miliki, cukup sign up/daftar saja, nanti akan langsung diarahkan ke step selanjutnya)
  2. Langkah kedua yang terpenting adalah menentukan url blog dikenal dengan istilah domain seperti pada blog ini http://andro....blogspot.com, next judul blog atau nama blog yang akan dibuat biasanya para master blog, url dan nama/judul blog itu disamakan misalkan, http://conto.blogspot.com (url), Conto (judul).
    Tipsnya adalah tentukan dulu apa niche/inti dari apa yang akan anda buat misalkan tentang berita, teknologi, atau apalah, jadi tidak akan bingung dalam menentukan url serta judul. Tetapi tidak apa-apa juga kalau ingin mengguanakan nama kalian (jika tersedia).
  3. Pilih template default terlebih dahulu, apa itu template ?
    Template merupakan desain blog, gampangnya baju bagi kita, kurang jelas ya ?
    Baiklah, begini dalam sebuah blog itu terdapat tata letak seperti :
    -Header (bagian paling atas, Judul/Nama pada blog)
    -Main (bagian konten/artikel pada blog)
    -sidebar (bagian kanan & kiri sebelah konten untuk widget blog)
    -footer (bagian bawah pada blog)

    Ini merupakan bagian dari template masih ada lagi style seperti warna dasar template, ukuran lebar blog, ukuran teks, warna teks, dll.
  4. Ok, setelah menerapkan template, kalian akan dibawa menuju dashboard.
    Gambarnya silahkan simak saja dibawah ini :

    dashboard
    Dari Gambar diatas kalian dapat langsung membuat posting ikon pensil berwarna orange, jangan hiraukan tanda panah merah, itu untuk artikel yang lain.
  5. Selanjutnya Membuat Artikel/Postingan blog, ingat biasakan jangan copy paste. Karena akan merugikan orang lain. Buat saja seorisinal mungkin, apa saja terserah intinya asli buatan sendiri, Jangan dulu pikirkan page rank, kita buat dulu artikel yang menarik, apa saja boleh.
  6. Tahap selanjutnya lagi, setelah membuat dan mempublikasikan postingan buat label pada postingan anda, kegunaan menandai bagian postingan dengan label adalah ibarat kalian mengkategorikanya.
  7. Buat Page/halaman, Ingat ada post, dan ada juga page, jangan disamakan, untuk form penulisanya memang mirip tetapi fungsi berbeda page biasanya digunakan untuk membuat halaman statis seperti About me, Kategori, Kontak, dll.
  8. Isi kolom sidebar, seperti yang diutarakan diatas kolom sidebar untuk menempatkan widget sebelah kanan konten atau sebelah kiri konten, atau juga sebelah kanan dan kiri konten, tergantung template yang anda gunakan, jangan menaruh widget terlalu berlebihan isi saja hal-hal yang menurut anda menjadi poin pokok terhadap isi dari artikel.
  9. Isi kolom footer, sama halnya dengan sidebar hanya lokasinya saja yang berbeda yaitu terletak dibagian bawah konten dan sidebar.
  10. Mengganti template, hal ini penting juga, untuk pemula seperti saya, memang sedikit kesulitan jika membuat sendiri, untuk itu jika dirasa tampilan blog anda kurang maksimal silahkan unduh saja, banyak penyedia template gratisan, tetapi ingat dalam tahap pergantian template kalian dianggap sudah sedikit mengetahui tentang html, css (minimal). Bukan paham tapi tahu saja dulu, kenapa karena template gratisan disediakan default jadi butuh sedikit pengeditan, misalkan meta tag deskripsi blog default, masa ia mau pake default nanti tampilan blog anda jadi seperti ini misalkan.
    Conto | Your description here
    Jika maksud saya poin 10 ini dirasa sulit untuk dipahami, tahapan ini berarti tidak harus anda lakukan dulu. Memang tidak semua template menggunakan meta tag yang sama tetapi sekarang ini kebanyakan templates gratisan disediakan Seo available.
    Jangan dulu membahas mengenai Seo teman satu persatu dulu nanti pusing sendiri kalau sekaligus.
  11. Tahapan selanjutnya yaitu, Lain-lain :
    Maksud lain-lain disini tahap advance lah.
    - Edit menggunakan custom Domain
    - Daftarkan blog melalui webmaster tools
    - Edit-Edit HTML Template
    - Mendaftar AdSense
    - Mengenal SEO (Search engine optimization)
    - Mengenal Kualitas Back link
    - Masih banyak lagi
Untuk Poin sebelas diatas silahkan cari sendiri-sendiri karena tahapan poin sebelas kalian bukan lagi seorang pemula menurut saya tapi tahapan menengah :)
Menengah cieeee, Karena untuk status master tentu sudah mengenal istilah-istilah blog, bukan mengenal, tepatnya makanan sehari-hari kali ya.

© If you want to copy Article, please provide the source

0 comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru