Home » » Mengenal Processor Android

Mengenal Processor Android

Processor dulu hanya diterapkan pada pc atau laptop kini, processor hinggap pada perangkat smartphone seperti android.
Banyak vendor processor bersaing di kancah dunia Android, sayang banyak yang tidak mengerti bahwa processor android adalah poin penting jika anda hendak membeli android.
Kita buka berbagai merk processor yang banyak digunakan Android oleh perusahaan pembuat Smartphone (hingga postingan ini dibuat)

1. Mediatek (tiongkok)
2. Exynos (samsung)
3. Snapdragon (Amerika) cmiiw
4. Intel

Sebelum kita bahas detail spesifikasi dari masing-masing merk, mari kita pahami apa itu processor.
Processor adalah otak dari sebuah perangkat yang mempunyai inti untuk setiap perintah.
Inti yang saya maksud adalah inti otak, untuk itu ada istilah dual core, quad core, octa core, ruang lingkupnyapun dibagi lagi ada yang 32bit ada yang 64bit.

Kita buat simple contoh jika anda sebagai processor inti dari processor disini adalah pembantu anda, jika sebagai processor dual core maka anda hanya mempunyai dua pembantu, anda membuat perintah untuk pembantu si A sekian tugas dan untuk pembantu si B sekian tugas, begitu seterusnya baik untuk quad core (4 inti), atau octa core (8 inti), sehingga semakin banyak inti otak, semakin lancar performanya dikarenakan kapasitas perintah yang semakin banyak pula.

Lalu apa perbedaan 32bit dan 64bit, kita buat simple lagi jika anda sebagai Processor yang memiliki ruang lingkup 32bit (kita ibaratkan anda berada dirumah dengan ukuran 32meter), maka anda hanya mampu menampung perintah maksimal hingga ruang lingkup anda penuh yaitu 32 meter saja, selebihnya anda akan memuntahkan perintah anda dan dilarikan kepada RAM disinilah fungsi RAM, begitupun 64bit.
Sudah mengerti sampai disini ?
Saya harap penjelasan diatas menambah wawasan anda, lalu mari kita bahas berbagai merk processor Android yang terkenal dan banyak digunakan oleh perusahaan smartphone.

Processor android

1. Mediatek (tiongkok)
Processor mediatek asal tiongkok ini adalah processor yang banyak digunakan oleh android, bahkan banyak digunakan android lokal indonesia, kita akan familiar mendengar istilah mediatek saat melihat spesifikasinya, terutama processor ini ditujukan untuk Android menengah kebawah, dikarenakan harganya yang terjangkau, namun perlu anda tahu mediatek adalah developers pertama yang menciptakan processor octa core dalam 1 otak, memang banyak spesifikasi octa core namun biasanya sebelum ini ditemukan octa core pasti memiliki 2 buah processor atau 2 buah otak masing-masing quad core maka jika ditambahkan sama saja 8 inti.

2. Exynos (samsung)
Jika anda penggemar Samsung galaxy anda akan familiar dengan istilah exynos, sama halnya seperti processor pada umumnya, yaitu untuk menjalankan perintah.

3. Snapdragon (Amerika)
Processor ini akan anda temukan pada perangkat yang lumayan sedikit agak mahal, minimal 1,5jt keatas, memang untuk vendor ini terbanyak disematkan kepada android yang terbilang high end.

4. Intel (Microsoft)
Processor ini mungkin lebih familiar ditelinga kita, karena sebelumnya intel sudah terjun didunia desktop (PC/Laptop) baru-baru ini, intel mengeluarkan produk processor untuk kelas smartphone, seperti device yang digunakan oleh ASUS Zenfone.

© If you want to copy Article, please provide the source

0 comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru