Home » » Memori LG Penuh Padahal Kosong

Memori LG Penuh Padahal Kosong

Berawal dari pengalaman hari ini, request dari teman satu perusahaan smartphone Android LG Seri tertentu, yaitu mencoba membuat Memori Internal Penuh Tapi Sebenarnya Kosong ? / Memori Internal Penuh Padahal File-File sudah dihapus. Menjadi normal pembacaanya kembali atau sesuai kapasitas Fix dari Memori tersebut.
karena jika tidak kita perbaiki jangankan mau instal aplikasi terkadang sms masukpun tidak terorganisir dengan baik.

Langsung saja langkah-langkah yang saya lakukan yaitu 
Status memori LG

1. Masuk ke setting => Penyimpanan/storage
( dilangkah pertama ini saya mencoba memahami file mana saja yang membuat memori internal menjadi penuh. Dan disitu kita dapat melihat keterangan seperti gambar diatas.
Anehnya terdapat file media yang terdapat dari kartu SD Card terbaca Oleh Internal seolah-olah file media seperti Gambar, Video dll, berada pada internal padahal file tersebut berada di SD Card ).

2. Setting/pengaturan => Buat cadangan & setel ulang => kembalikan ke setalan pabrik akan ada notifikasi reset all everything , CATATAN : 
Sebelum melakukan langkah ke 2 (dua) ini Back Up semua hal yang penting menurut anda , KONTAK , APLIKASI , DLL. Yang menurut anda penting.
Dan yang paling penting adalah akun gmail anda yang anda gunakan untuk singkronisasi akun pada saat memulai menggunakan hh anda pertama kali , jika lupa berarti anda ulangi dari awal lagi.
Resiko tanggung sendiri.

3. Setelah itu Android anda akan reboot dengan sendirinya tunggu proses hingga selesai, setelah selesai coba anda instal link2 SD terdapat di penyedia aplikasi seperti PLAYSTORE dan yang lainya

cek status memori LG menggunakan Link2sd

4. Setelah anda install coba jalankan aplikasinya seperti gambar yang saya lingkari.
lalu setelah anda jalankan akan muncul tampilan seperti ini.

pilihan/opsi link2sd

Setelah itu coba klik tanda titik-titik tegak lurus seperti gambar yang saya lingkari di atas, Lalu klik saja pada Info penyimpanan sesuai yang saya lingkari.
Maka akan ada tampilan.

informasi penyimpanan memori internal dan lainya


status memori LG penuh padahal kosong

Ternyata sistem Android anda untuk memori internal adalah sebagai berikut selain Format Sistem atau Ext2 biasanya untuk menginstall aplikasi , ternyata dibuat juga sebagai FAT32 biasanya atau lain-lain yang biasa digunakan format SD CARD jadi Ext SD CARD anda sebenarnya hanya terbaca sebagai penyimpan biasa saja.
Dan akses utama untuk membaca media seperti gambar , video , musik , dll  adalah Format SD CARD yang dibuat internal bahkan ada yang tidak hanya diprioritaskan untuk membaca saja melainkan file2 yang kita terima seperti bluetooth , jepret foto , jepret video dll.

Triknya jika memiliki hand phone seperti ini adalah anda dapat memindahkan file2 yang berada pada SD CARD internal ke Ext SD CARD secara manual melalui File Explorer atau sebagainya.

Solusi jitu patut dicoba :
inteku.blogspot.com/2015/06/atasi-memori-penuh-internal-karena-file.html

Sebenarnya kita dapat mengatur secara otomatis hanya akan lebih sulit karena kita akan menonaktifkan format akses memori internal menjadi SD CARD atau tepatnya pembatasan akses memori internal yang hanya kita perintahkan untuk menyimpan file aplikasi yang kita install pada hh saja dan tidak memiliki akses menjadi SD CARD.

© If you want to copy Article, please provide the source

4 comments:

  1. Kenapa lg k10 ku gak bisa buat mindagin aplikasi ke sd yah? Jd klo doenload otomatis ke internal dan di penyimpanan gak ada pilihan yg bisa mindahin apl ke sd card

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba file explorer pihak ke3 seperti es esplorer

      Delete
  2. Lg K10 power saya di penyimpanan internal selalu penuh . ada yang aneh di data lainnya . jadi data gambar, video jadi double masuk di data lainnya . ketika yg didata lainnya dihapus data yg di gambar juga ikut kehapus .
    Solusinya gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan double itu mungkin . thumbnail, hanya hapus thumbnail nya saja

      Delete

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru