iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max

Sudah lama sekali saya tidak memproduksi artikel blog, kali ini mimin sedikit kaget juga sih ternyata iPhone sudah merilis hingga seri 12 setelah sebelumnya iPhone 11 pro menjadi fenomenal, atau mungkin mimin sendiri yang sudah lama vakum menulis, sehingga kurang update lagi mengenai teknologi khususnya smartphone, iPhone selalu membuat fenomenal, tidak hanya dikalangan masyarakat tetapi viral sampai kepada artis tanah air, bukan karena apanya, tetapi memang karena ketika rilis harganya membuat anda ingin membanting smartphone yang dimiliki saja.


Dan sekarang iPhone merilis kembali seri terbarunya yaitu iPhone 12 & iPhone 12 Pro.

Dilansir dari situs resminya https://www.apple.com berikut penampakan smartphone tersebut ;

Iphone 12
iPhone 12

iPhone 12 memiliki prosesor seri paling terbaru, namun usut punya usut ternyata performanya tidak jauh berbeda dengan prosesor sebelumnya, sehingga ini menjadi poin penting bagi para konsumen untuk saling bertukar pendapat, dan mempertanyakanya. Namun juga bukan berarti seri ini tidak meningkatkan teknologinya ke arah yang lebih baik, bahkan mungkin puluhan fitur dan beberapa sistem telah di mutakhirkan.

Untuk spesifikasi kasarnya berikut saya rangkum berdasarkan sumber yang dapat dipercaya.

Jaringan

Jaringan dari iPhone 12 sudah mendukung 5G, sehingga untuk jaringan, smartphone ini sudah tergolong paling update hingga postingan ini dibuat, dan support untuk 5G/4G/3G/2G/GSM.

Prosesor

Seperti yang sudah saya bicarakan sebelumnya, bahwa smartphone ini menyokong chipset terbaru yang bernama Apple A14 Bionic (5nm), dengan ukuran chipset 5 nanometer, maka bisa dibayangkan seberapa fast response prosesor tersebut, kenapa demikian, semakin kecil ukuran prosesor maka, perintah yang sampai kepada inti otak semakin cepat, karena jaraknya yang semakin pendek. membicarakan mengenai inti otak dari prosesor ini, yaitu Hexa Core artinya, prosesor tersebut memiliki 6 inti otak, dengan spesifikasi 2x3.1 GHz dan 4x1.4 GHz (kecepatan).

GPU/Graphic Processor Unit

Kalau urusan grafis dari Apple memang dari dulu tidak bisa diragukan, dan memang selalu terdepan dikelasnya, bahkan gemers profesional seperti Jezz No Limit, dll menggunakan smartphone ini sebagai gadget andalanya. Pun demikian, iPad pro 4 (12.9 inch) masih bertengger di rank 1 AnTuTu Benchmark.

Memori

Memorinya sendiri memiliki 3 versi ;
1. 64/4GB
2. 128/4GB
3. 256/4GB

Note ; 4 GB adalah RAM dari iPhone 12
Anda bilang kecil ???
Eitssss, tidak semudah fergusoooo, iPhone RAM 2GB saja sudah bisa menandingi Android versi RAM 4GB. Kenapa demikian ?

Inilah kehebatan Apple, entah darimana performa yang dihasilkan tersebut, entah sistemnya yang lebih baik, atau kualitas RAM nya yang lebih baik, #masihmenjadimisteri.

Kamera

Saya sebenarnya tidak ingin membahas spesifikasi kamera dari iPhone, karena dari apa yang saya ketahui, kamera iPhone, adalah kamera pelopor smartphone yang lainya, sehingga tidak perlu dipertanyakan lagi, tetapi untuk detail berapa mega pixel yang dimiliki smartphone ini anda bisa cek melalui situs lainya, seperti GSM arena dll.

Lalu iPhone 12 pro dan iPhone 12 Pro Max, dari segi chipset, GPU, dan lainya hampir sama dengan iPhone 12, yang membedakan hanya pada jumlah Kamera, Memori yang ditawarkan, dan sedikit tambahan fitur lainya, tetapi overall hampir sama.

Langkah 3 Belajar Bahasa Jepang

Setelah kemarin saya membuat postingan Langkah 2 Belajar Bahasa Jepang pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan langkah selanjutnya setelah minna san menguasai kosakata pelajaran level 1. Berikutnya saya akan menjelaskan kotoba pelajaran level 2.
Bagi minna san yang belum membaca artikel sebelumnya, saya sarankan untuk melihat terlebih dahulu langkah sebelumnya, link tercantum diatas, untuk memudahkan pemahaman isi artikel kali ini.

Sebelum lanjut, apakah minna san sudah menghafal kotoba pelajaran level 2 yang ada di aplikasi ?
Jangan sampai tidak dihafal yah, semua kembali untuk minna san.
Kalau bisa minna san banyak-banyak latihan, agar fasih dalam membuat sebuah kalimat. Karena jujur saja, hafal tanpa latihan akan mudah lupa. Sepengalaman admin sendiri.

Minna no nihongo pelajaran 2

Didalam aplikasi, kotoba pelajaran 2 terdapat kosakata これ、それ、あれ•この、その、あの dan lain-lain.

Jika sudah hafal, saya ingin bertanya ?

Apa bedanya kotoba berikut ?
これ VS この
それ VS その
あれ VS あの

Apa perbedaanya ? Karena kalau diterjemahkan ke bahasa indonesia sama saja artinya.

Baik, saya akan jelaskan bedanya secara sederhana.

Sama seperti partikel の pada pelajaran sebelumnya, yaitu untuk menggabungkan kata benda, この、その、あの adalah kata petunjuk untuk menggabungkan kata, dan tidak bisa berdiri sendiri.

Contoh :
これ は ほん です。
Ini adalah buku.

このほん は じしょ です。
Buku ini adalah kamus.

Ketika minna san ingin menggabungkan kata petunjuk dengan kata benda lain tidak bisa menggunakan seperti berikut.

これ の ほん は じしょ です。 X (Salah)

Begitupun, その、あの penggunaanya sama.

Lalu yang mana yang sering digunakan min ?

Keduanya sama-sama sering digunakan tergantung kondisi dan keadaan pada kalimatnya.

Seperti misalkan ketika orang jepang bertanya ;

これ は なん ですか。
Ini apa ?

Jawaban menggunakan [これ] ;
これ は じしょ です。
Ini adalah kamus.

Jawaban menggunakan [この] ;
このほん は じしょ です。
Buku ini adalah kamus.

Sehingga minna san bisa sesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang pas, logikanya ketika ditanya ini apa, pasti kata benda yang ditanyakan terlihat kan, pasti lawan bicara yang bertanya tahu itu buku, masalahnya dia tidak tau buku itu apa ?
Entah majalah kah, entah kamus kah, atau apapun itu, sehingga minna san bisa jelaskan sesuai dengan apa yang dipikir tepat, intinya masih nyambung, dan jika kembali kepada 2 jawaban diatas, Ok desu masih bisa digunakan.

Baik, selanjutnya saya akan memperdalam penggunaan kosakata yang ada pada pelajaran 2.

Misal orang jepang bertanya lagi ;
それ は ざっし ですか。
Apakah itu majalah ?

Jawabanya yang enak bagaimana ?

はい、それ は ざっし です。
Ya , itu adalah majalah.

Atau ;

いいえ、それ は ざっし じゃありません。
Tidak, itu bukan majalah.

Betul ?       O ✓
Bisa bangeut, tetapi ada pola sederhana yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut, bagaimana min ?

Jawaban sederhananya ;
はい、そうです。
Ya, betul (betul disitu berarti sudah menggambarkan bahwa itu adalah majalah).

Jawaban sederhana kalau bukan ;
いいえ、そうじゃありません。
Tidak, bukan (bukan disitu berarti sudah menggambarkan bahwa itu bukan majalah).

いいえ、ちがいます。✓
Tidak, bukan  ✓

Oke Desu.

Tetapi kalau orang jepang tadi ragu diantara 2 pilihan, itu majalah atau kamus maka dia akan, menggunakan kalimat tanya, yang sifatnya memastikan, contoh ;

それ は ざっし ですか、じしょ ですか。
Apakah itu majalah, atau kamus ?

Jawabanyapun bisa dipersingkat, karena untuk memastikan saja, artinya lawan bicara sudah sedikit ada gambaran dari pertanyaanya.

それ は ざっし です。
Ini majalah.

Sekarang kembali ke partikel の namun kali ini fungsinya sebagai kepunyaan.
Maksudnya gimana min ?

Contoh ;

これ は わたし の ほん です。
Ini buku saya (jika kata bendanya adalah kata benda orang, maka akan bermakna kepunyaan)

Kok bisa, karena dari kata buku saya, sudah pasti yang memiliki buku tersebut saya.

Atau gini ;
これ は カリナさん の ほん です。
Ini buku sdr. Karina.

Lalu kalimat tanya nya bagaimana ?
Contoh, minna san lupa buku tertinggal, orang jepang bertanya begini ;

これ は だれのほんですか。
Ini tas siapa ? / Ini tas milik siapa ?

Jawaban ya ;
わたし の です。✓
Milik Saya.
わたし の ほんです。✓
Buku saya.

Jawaban tidak ;
わたし の じゃ ありません。✓
Bukan, milik saya

Ada satu kata yang bukan kata tanya, dan mengandung makna merespon lawan bicara, kata itu adalah そうですか

Contoh kita pake kalimat tanya diatas kembali, seolah-olah orang jeoang si A, minna san si B

A : これ は あなた の ほん ですか。
B : いいえ、わたし の じゃ ありません。
A : そうですか。(Oh, begitu)

Jika minna san ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar, jika masih kurang jelas, fast respon sebisa mungkin admin akan jawab, terima kasih, sampai jumpa di pelajaran berikutnya.
おつかれさまです。

Langkah 2 Belajar Bahasa Jepang

Kemarin saya telah membuat postingan mengenai Langkah 1 Belajar Bahasa Jepang silahkan menuju link tersebut bagi minna san, yang belum membaca langkah awal. Karena disini akan saya uji menggunakan huruf Hiragana dan Katakana.
Kenapa demikian ?

Pertama belajar bahasa itu membutuhkan tekad, keinginan, dan perjuangan, saya sudah katakan sebelumnya, minna san tidak dituntut membayar dalam mengikuti setiap artikel yang saya buat, minna san cukup berjuang untuk terus berusaha belajar.

Saya ingin memberikan konten berkualitas, dimana saya berharap konten belajar bahasa jepang ini mudah, praktis, dan bermanfaat bagi minna san, perusahaan jepang di indonesia sangat banyak sekali, alangkah baiknya apabila minna san mempelajari walaupun sedikit saja bahasa mereka. Selain untuk pengembangan diri juga bisa minna san gunakan saat traveling ke negara tersebut.

Kembali ketopik, setelah langkah 1 belajar bahasa jepang, dimana anda harus/wajib menguasai huruf hiragana atau katakana, langkah ke 2 adalah menghafal kotoba.

Kotoba itu apa sih min ?

Dalam bahasa jepang istilah kotoba diartikan Kosa kata.
Jadi modal awal untuk bisa berbicara bahasa jepang adalah perbendaharaan kata, semua bahasa, memiliki kosa kata masing-masing, sehingga wajib minna san hafalkan.

Dimana saya dapat kosa kata min ?
Good question ^_^ ....

Dikarenakan admin terikat oleh lembaga tertentu, sehingga admin wajib menjaga kode etik lembaga itu.
Admin tidak bisa memberikan semua apa yang telah diberikan oleh lembaga, kepada khalayak umum.

Terus bagaimana min ?

Okeh, posisi baiknya, kita hidup di zaman modern, dimana internet menjadi sebuah terobosan besar dalam menunjang ilmu pengetahuan, sehingga minna san bisa memanfaatkan teknologi untuk mencari ilmu baru secara mandiri.

Minna san buka Play Store, Cari aplikasi berikut Minna No Nihongo 1, kemudian install ;

Minna no nihonggo 1

Setelah install buka aplikasinya, akan muncul tampilan berikut dibawah ;

Minna no nihonggo 1

Setiap hari usahakan minimal minna san hafal 1 level pelajaran kotoba, contoh level 1 ;

Minna no nihonggo level 1

Semua kosa kata yang ada pada setiap level, usahakan minna san hafalkan dengan fasih. Ingat ... 1 hari usahakan minimal hafal 1 level pelajaran kotoba, bukan 1 kotoba ^_^ .

Setiap level pelajaran kosa kata, jumlah isinya berbeda-beda, ada 40an, ada 50an kosa kata, sementara totalnya ada 25 bab.
Jika kita pukul rata, 25 x 35 saja misal, berarti ketika hafal kotoba 25 bab = 875 kosa kata minna san sudah kuasai.

Banyak bukan ?

Lalu ? Nah, selanjutnya hari ini pada langkah ke 2 belajar bahasa jepang, setelah minna san hafal kotoba pelajaran 1, kita bongkar cara penggunaanya, percuma jika hafal tidak digunakan, iya kan.. hehe

Dari kosa kata pelajaran 1 tedapat kosa kata わたし、あなた、あのひと、せんせい dll...

Sekarang bagaimana penggunaanya apakah seperti bahasa indonesia ?
Contoh :

わたしせんせいです。 X (Salah)
Saya adalah guru.

Sama halnya seperti bahasa inggris, bahasa jepang memiliki partikel, seperti contoh pada bahasa inggris (is, it, in, dll..)

Lalu bagaimana ini min ?

Okeh selanjutnya perhatikan pola berikut ;

1. わたし せんせい です。
(Watashi wa sensei desu).
Saya adalah guru.

Tulisan yang saya beri warna merah tidak dibaca ha, tapi wa, kenapa min ?
Karena statusnya menjadi partikel bukan menjadi sebuah kosa kata.

Alasanya min ?
Dah dari sononya ^_^

Terus cara bedainya gimana min ?
Cara bedainya liat kosa katanya, walaupun mirip sekalipun kalau hafal kosa kata tidak mungkin tertukar dengan partikel.

Kok bisa ?
Contoh :
はは は せんせい です。
(Haha wa sensei desu).
Ibu saya adalah guru.

Kosa kata hanya ada haha, tidak ada hahaha 🤣 dengan kata lain, ha yang ketiga pasti dibaca wa, seperti itu kira-kira minna san.

Terus kalau ibu saya bukan guru gimana, ibu saya karyawan pabrik min ?
Okeh masuk pola berikutnya yah.

2. はは は せんせい じゃありません。
(Haha wa sensei ja arimasen).
Ibu saya bukan guru.

Contoh lain :
わたし は せんせい じゃありません。
(Watashi wa sensei ja arimasen).
Saya bukan guru.

Seperti itu minna san, lalu min kalau saya mau tanya gimana, misal apakah admin guru ?
Okeh kita lanjut pola berikutnya.

3. あなた は せんせいです
(Anata wa sensei desuka).
Apakah anda seorang guru ?

Jawaban (iya) :
はい、わたし は せんせい です。
(Hai, watashi wa sensei desu.                 
Ya, saya seorang guru.

Jawaban (bukan) :
いいえ、わたし は せんせい じゃありません。
(Iie, watashi wa sensei ja arimasen).
Bukan, saya bukan seorang guru.

Note :
Kalimat tanya menggunakan か
Adapun kalimat です digunakan untuk memperlihatkan rasa hormat kepada lawan biacara. Ataupun menjadikan sebuah kata benda agar menjadi predikat.

Tapi min, kalau misalkan pas menanyakan seseorang ternyata, pekerjaan atau hal yang kita tanyakan itu sama, gimana ya buat pernyataan balik nya ?
Okey, lanjut pola berikutnya.

4. わたし せんせい です。
(Watashi mo sensei desu).
Saya juga seorang guru.

Contoh lain :
あなた も せんせい ですか。
(Anata mo sensei desuka).
Apakah anda juga seorang guru ?

Ko bukan wa min tapi mo ?
Karena mo bisa diartikan sebagai "juga" sehingga partikel wa berubah kedudukanya menjadi mo.

Oh jadi partikel bisa berubah ya min ?
Bisa tergantung minna san ingin membuat kalimat seperti apa.

Terus gini min, misal kalau saya mau buat kalimat begini "ibu saya adalah seorang guru" itu bagaimana ?
Bisa, kita masuk pola berikutnya.

5. わたし はは は せんせい です。
   (Watashi no haha wa sensei desu).
   Ibu saya adalah seorang guru.

Nah loh baru lagi tuh, kok ada no min ?
Partikel no sebagai penghubung kata benda agar menjadi satu, tetapi dalam penggunaanya anda harus perhatikan dimana anda ingin meletakanya.

Maksudnya min ?

Contoh seperti tadi ;

Ibu saya
はは の わたし X (salah)
わたし の はは ✓ (betul)

Guru saya
せんせい の わたし X (salah)
わたし の せんせい ✓ (betul)

Oh, paham min, maksudnya harus dibalik ya, bahasa indonesianya dibalik ke bahasa jepang, begitu min ?
Yups betul minna ^_^

Terus kalau no itu bisa lebih dari satu gak min ?
Tentu bisa, kedepanya kalau kalian sudah hafal banyak kosa kata bisa kok, contohnya gini ya misal....

Didalam tas saya ada uang
わたし かばん なか に おかね が あります。
(Watashi no kaban no naka ni okane ga arimasu)

Perhatikan yang saya beri warna, jangan dulu lihat yang tidak saya kasih warna karena pola tersebut untuk bab yang sudah agak jauh sedikit. Disini saya hanya ingin menunjukan bahwa partikel no bisa digunakan lebih dari sekali, tergantung anda ingin membuat kalimat seperti apa.

Ok min paham ^_^

Yakin ?

Catatan : penyebutan anata pada dasarnya sopan, tetapi apabila minna san sekalian sudah mengetahui namanya, harap gunakan namanya untuk menggantikan kata pengganti orang.

Contoh min ?
Misal anda belum kenal dengan si A
Anda boleh menggunakan anata.

あなた は せんせい ですか。 Oke です。✓

Ketika sudah tahu namanya, misal namanya "Sora"

あなた は せんせい ですか。 X (Tidak Baik) わるい

そらさん は せんせい ですか。 ✓ Oke です。

Kalo くん、ちゃん boleh min ?
Perhatikan bedanya pada kosa kata pelajaran 1, sehingga nanti minna san tidak salah dalam menggunakanya.

Okeh, Langkah 2 belajar Bahasa Jepang Ini tidak hanya pengetahuan admin semata, melainkan adminpun melihat referensi dari YouTube yang pernah admin tonton sebelumnya, dan memang admin telah mendalami juga, sehingga admin jelaskan berdasarkan pengalaman, yang sama sekali tidak menkopi paste konten, ataupun pelanggaran ketentuan lainya dari TOS.

Jika minna san penasaran, silahkan cari dengan queri, "Belajar BAB 1 minna no nihongo 1", maka akan muncul banyak Content creator disana, yang memberikan pelajaran sama halnya dengan yang admin jelaskan, cuma mungkin memiliki metode yang berbeda-beda.

Langkah 1 Pertama Belajar Bahasa Jepang

Kali ini inteku blogger akan berbagi ilmu dari pengalaman admin mempelajari bahasa jepang, ternyata bagi minna san yang pemula sekali dan baru akan belajar bahasa jepang, mungkin minna san akan bertanya-tanya, sebaiknya memulainya dari mana ? .. iya kan ?
Jika iya minna san berada di artikel yang bisa dibilang tepat. Tabun ne ^_^

Okeh, sebelum kita masuk ke materi, mari saya akan perkenalkan terlebih dahulu beberapa faktor besar dalam menguasai bahasa jepang.
1. Tulisan / Huruf Bahasa Jepang
2. Kotoba
3. Pola Kalimat

Tulisan / Huruf Bahasa Jepang

Berbeda dengan negara kita, hurufnya hanya ada 1, dan cara menulis kemudian membacanyapun 1, yaitu abjad A-Z, dan mungkin dibelahan dunia mayoritas menggunakanya, karena huruf ini lebih populer di dunia, bisa disebut juga sebagai huruf latin, walaupun secara mekanisme pengunaanya berbeda-beda.

Negara Jepang menggunakan 3 huruf berbeda, apasajakah itu ?

1. Hiragana 
Hiragana adalah huruf asli dari jepang, sebelumnya hiragana hanya digunakan oleh wanita, kemudian lambat laun, kini hiragana menjadi tulisan nasional dan digunakan oleh laki-laki maupun wanita yang belum bisa menguasai kanji.

Artinya, bagi yang sudah menguasai kanji mungkin jarang menggunakan hiragana, tetapi walaupun demikian hiragana masih digunakan diberbagai tempat, kenapa ?

Karena ada beberapa kosa kata bahasa jepang, masih menggunakan hiragana. Sekalipun harus disandingkan dengan kanji, seperti contoh かります (wakarimasu) dll.

Maka dari itu, langkah pertama yang sebaiknya minna san kuasai dalam belajar bahasa jepang adalah menguasai huruf hiragana.

Mana hurufnya min ?

Berikut adalah huruf hiragana, ingat..!!! dalam menguasai bahasa asing tidak hanya sekedar ingin menguasainya saja, melainkan minna san harus berkorban dalam menghafalnya juga, itulah yang memudahkan sebagian besar orang dapat menguasai bahasa asing, bukan masalah sulit atau mudahnya suatu bahasa dikuasai, melainkan keinginan serta perjuangan yang dilakukan seseorang lah yang membuat mereka sukses menguasai bahasa asing.
Kore wa hiragana no shoukaishimasu.
(Ini, saya akan memperkenalkan huruf hiragana)

あ = A     か = Ka     さ = Sa
い = I      き = Ki      し = Shi
う = U     く = Ku     す = Su
え = E     け = Ke      せ = Se
お = O    こ = Ko      そ = So

Sisanya saya akan fotokan hasil penulisan pertama saya saat menghafalkan huruf hiragana, kalian coba juga untuk menulisnya beberapa kali, setidaknya ada beberapa huruf yang akan menempel, kemudian seringlah menggunakanya...

Huruf Hiragana

Saya mengerti tulisan saya jelek •_•' ya sudah saya kasih yang lebih jelasnya...


Huruf Hiragana

Setelah anda menguasai dengan fasih huruf-huruf hiragana langkah kedua anda harus menguasai huruf lainya, kali ini saya akan perkenalkan huruf katakana.

2. Tulisan / Huruf Katakana

Huruf negara jepang yang kedua adalah huruf katakana, huruf ini digunakan untuk menyerap kosakata asing ataupun nama-nama asing yang sebelumnya tidak pernah ada dijepang. Maksudnya gimana ?

Jadi begini minna san, dijaman yang penuh dengan informasi ini maka pengaruh luar negeri terutama barat, tentu saja mempengaruhi suatu kecenderungan untuk menyerap hal-hal tersebut, bahkan indonesia sendiri sering menyerap bahasa asing kedalam bahasa indonesia, tidak terlepas negara jepang, dan mungkin di hampir setiap negara.

Contoh :
Soccer [サッカー] maka ketika diserap tidak bisa menggunakan huruf hiragana, "kenapa min ?.."
Karena huruf hiragana hanya dikhususkan untuk bahasa jepang murni, sehingga pemerintah jepang membuat sebuah huruf / tulisan baru, guna membedakan mana bahasa murni dan mana bahasa asing, mana orang jepang asli mana orang asing, bahkan jika anda memiliki nama jepang tetapi bukan orang jepang, maka hurufnya harus menggunakan katakana.

Lalu hurufnya seperi apa min ?
Lihat baik-baik, tidak seperti huruf hiragana yang setiap hurufnya cukup jelas berbeda, huruf katakana kalau untuk orang yang pertama kali mengenal, akan sedikit sulit membedakan, terutama huruf So [ソ] vs N [ン] Shi [シ] Vs Tsu [ツ]。

Perhatikan baik-baik jangan sampai salah baca, jika kalian menulisnya maka garis yang ditarik sebenarnya berbeda arah, minna san bisa coba praktekan, caranya untuk huruf "So" buat garis panjang dari atas kebawah, kemudian garis pendek dari atas kebawah, lalu untuk huruf "N" buatlah garis panjang dari bawah keatas, kemudian untuk garis pendeknya, buatlah dari atas kebawah. Jika kurang jelas anda bisa lihat diberbagai tutorial YouTube untuk memudahkan.

Berikut hurufnya :

ア = A     カ = Ka     サ = Sa
イ = I      キ = Ki      シ = Shi
ウ = U     ク = Ku     ス = Su
エ = E     ケ = Ke     セ = Se
オ = O    こ = Ko     ソ = So

Sisanya seperti biasa, untuk lebih jelasnya saya akan sematkan gambar.


Huruf Katakana

Apakah hanya itu, dikarenakan huruf katakana adalah huruf untuk menyerap bahasa asing, sehingga dalam perkembanya masih ada beberapa bunyi baru seperti dibawah ini...

Huruf katakana

Mari kita coba menulis untuk menghafalnya, dan ini adalah cara pada waktu pertama saya menghafalkanya ...

Huruf katakana

Berapa lama saya menguasai huruf hiragana dan katakana ?
Pengalaman saya, saya menguasainya 1 hari setengah, jika minna lebih serius lagi, mungkin 1 hari sudah bisa menguasainya.

Lanjut kepada huruf yang terkahir, yaitu huruf paling sulit dalam bahasa jepang, namanya adalah 漢字  [かんじ] (Kanji).

3. Tulisan / Huruf Kanji

Huruf kanji adalah huruf paling sulit yang bisa saya kuasai, hingga postingan ini dibuatpun, saya baru beberapa menghafal huruf kanji, mungkin bisa dhitung berapa kanji yang saya hafal/kuasai.

Kemudian ada berapa huruf kanji ?
Jika anda menanyakan total jumlahnya, saya pernah membaca, disalah satu artikel pelajaran bahasa jepang, kanji memiliki lebih dari 50.000 kanji, waaaaaaw, tetapi pemerintah jepang sendiri memiliki standar jumlah kanji yang harus dipelajari, yaitu sekitar 2.000 kanji.

Seperti apa sih huruf kanji ?

月 tsuki (bulan) 
日 hi (hari)
火 ka (api)
水 sui (air)
土 tsuchi (tanah)
前 mae (depan)
後ろ ushiro (belakang)
馬 uma (kuda)
お金 okane (uang)

Dan lainya, lalu apakah yang baru pertama kali belajar bahasa jeoang sebaiknya mempelajari kanji ?

Menurut saya tidak baik anda belajar kanji untuk pertama kali belajar bahasa jepang, anda harus mengenal beberapa kotoba (kosakata) nya terlebih dahulu, walaupun hanya beberapa, agar mudah dalam menyerap maksud dari kanji itu sendiri, selain dari kotoba, anda juga harus belajar terlebih dahulu mengenai bunpou (pola kalimat).

Karena tanpa pola kalimat yang benar maka bahasa jepang anda akan sulit dipahami orang lain.

Seperti contoh, saya akan buat kalimat ini :

(Didepan saya ada kuda)
前に私が居る馬です
[まえにわたしがいるうまです]
(Maeni watashi ga iru uma desu)

Jika anda membuat pola kalimat seperti yang dicoret diatas, minna san akan ditertawakan karena mereka mungkin harus berpikir terlebih dahulu sebelum mencernanya.

Lalu bagaimana pola kalimatnya, jika dalam bahasa indonesia kita mengenal SPOK (Subjek Predikat Objek Keterangan).
Maka dijepang keadaanya berbeda, yaitu SKOP (Subjek Keterangan Objek Predikat).

Jadi kalau mau membuat kalimat :
(Didepan saya ada kuda)
私の前に馬が居ます。 "Tulisan Kanji"
[わたしのまえにうまがいます]. "Tulisan Hiragana"
(Watashi no maeni wa uma ga imasu). "Tulisan Romaji" 

Partikel wa diatas sengaja saya berikan untuk memberikan penekanan sebagai subjek, agar lebih memudahkan. Tetapi jika minna san ingin menghilangkan partikel wa diatas, itu juga oke desu.

Sehingga kesimpulannya, untuk mempelajari kanji minna san harus pelajari kosakata dan pola kalimat terlebih dahulu, setelah beberapa pola kalimat minna san kuasai, maka sekalian untuk menambah kotoba hafalkanlah kanji.

Untuk minna san yang baru mau belajar bahasa jepang pelajarilah terlebih dahulu hiragana & katakana.
Karena akan sangat berguna ketika hendak menghafalkan kotoba, banyak buku hafalan kotoba, bahkan kamus jepang jepang yang beredar dipasaran menggunakan huruf hiragana & katakana.

Bahkan minna san sekalian bisa membuat pola kalimat menggunakan hiragana terlebih dahulu, sebelum benar-benar hafal dengan kanji. 
Tahap selanjutnya akan saya bahas mengenai kotoba dan pola kalimat, arigatou gozaimasu ^_^

Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Penutupan 12 Agustus 2020

Prakerja gelombang 4 mulai dibuka per tanggal 08 Agustus 2020 pukul 12.00, dari sumber yang dapat dipercaya, pemerintah menyediakan kuota hingga 800.000 dan penutupan pendaftaran akan ditutup sampai dengan tanggal 12 Agustus 2020.

Prakerja sendiri untuk saat ini telah mengalami beberapa perbaikan dalam peraturan, sederhananya apa yang saya tangkap, kartu prakerja kali ini sudah masuk peraturan semi bantuan sosial khususnya prioritas untuk pekerja yang terdampak oleh virus covid-19.

Kartu Prakerja Gelombang 4

Catatan penting :
Untuk gelombang 4 kartu prakerja, pemerintah melalui lembaga terkait menjelaskan bahwa prioritas saat ini adalah pekerja yang terdampak corona, dan datanya sinkron dengan BPJST-TK.

Prakerja Gelombang 4

Kemudian untuk yang tidak menerima surel email bagaimana ?

Jangan patah semangat karena dari data BPJS-TK juga diambil dari data KEMNAKER, sehingga dari data kementrian tenaga kerja, apabila anda terdata disana anda masih prioritas.

Dan bagi pekerja yang memang bukan pekerja formal, seperti buruh kantor atau buruh pabrik, anda juga masih bisa berkesempatan untuk mendaftar, jika data anda benar dan tepat, bisa saja hasil evaluasi dengan kuota 800.000 ini meloloskanya.

See you next my post.

Posting Terbaru